in

5 Tips Untuk Bantu Anda Rajin Sholat 5 Waktu

5 Tips Untuk Bantu Anda Rajin Sholat 5 Waktu 1
Foto: cyberdakwah.com

Sholat lima waktu itu gampang-gampang susah. Kenapa begitu? Sholat lima waktu tidak memakan waktu lama dan tidak pula menguras tenaga, tapi untuk melaksanakannya, beratnya minta ampun.

Boro-boro yang jarang sholat, yang sudah terbiasa juga kadang masih banyak sholat yang kelewat. Wajar saja sholat amat berat karena setan tidak akan tinggal diam. Kalau sholat mudah, hadiahnya juga paling permen bukan surga.

Buat kalian yang punya cita-cita bisa rajin sholat 5 waktu sepenuhnya dan setulus hati sampai ajal menjemput, barangkali beberapa tips ini bisa membantu kalian.

1. Jangan menunda-nunda sholat

Nanti dulu ah sholatnya masih ada waktu 2 jam-an lagi. Ujung-ujungnya gak sholat karena keburu mager. Pernah ngalamin begitu?

Oleh karena itu jangan suka menunda-nunda sholat saat kamu sedang dalam keadaan santai. Ketika adzan, langsung aja sholat. Kalau dinanti-nanti, ujung-ujungnya mager atau ketiduran dan akhirnya gak sholat.

Baca Juga: Ciri-Ciri Orang yang ‘Mabuk’ dalam Sholatnya

2. Lakukan secara bertahap agar jadi kebiasaan

Sholat lima waktu kedengarannya memang tidak berat dan tidak lama, tapi pelaksanannya bagaikan memikul gunung. Oleh karena itu laksanakan sholat lima waktu secara bertahap agar jadi kebiasaan nantinya.

Andai kata kamu baru belajar sholat dan baru mampu melaksanakan sholat Maghrib dan Isya saja, laksanakan terus meskipun kamu belum bisa melaksanakan sholat Dzuhur, Ashar dan Subuh. Jangan sampai semuanya ditinggalkan.

Tapi ingat, bukan berarti kamu boleh melaksanakan sholat Maghrib dan Isya saja, sementara yang lainnya tidak. Lakukan saja secara bertahap agar nanti kamu bisa melaksanakan sholat lima waktu sepenuhnya.

3. Untuk sementara, jagalah pergaulan dan utamakan bertemanlah dengan orang-orang rajin sholat

Kalau lagi sendirian bisa sholat, tapi pas lagi keluar main bareng teman, mendadak malas sholat. Jika kamu belum bisa melaksanakan sholat saat di luar, tahan dulu keinginanan kamu untuk bermain. Jagalah pergaulan dan utamakan berteman dulu dengan orang-orang yang rajin sholat.

Andaikan nanti kamu sudah terbiasa sholat, keimanan sudah kuat, mau berteman dengan siapa saja silahkan. Ajaklah mereka pada kebenaran, jangan sampai kamu yang terseret pada kesesatan.

Baca Juga: 4 Doa yang Harus Dipanjatkan Setelah Sholat Tahajud

4. Pahami tujuan sholat yang sebenarnya

Kita selalu giat mencari uang karena kita tahu tujuan uang. Oleh karena itu pahamilah tujuan sholat yang sebenarnya agar kamu rajin sholat 5 waktu. Tahu apa tujuan sholat yang sebenarnya?

Sholat bukan sekedar melaksanakan, tapi harus dihayati dengan sepenuh hati. Tujuan sholat pada intinya untuk mengingat Allah. Jadi pas sholat, jangan mengingat hal lain selain Allah. Dengan begitu hati akan lebih tentram dan tenang meski di luar sedang banyak masalah.

Sholat bisa diibaratkan berhadapan dengan Allah secara langsung. Ketika berhadapan dengan Allah, berdoalah sebanyak-banyaknya, adukan keluh kesahmu kepada Allah. Nanti Allah akan menunjukkan jalan keluarnya.

5. Anggaplah besok kita akan meninggal

Andai kata ada malaikat Izrail mmeberitahu kamu bahwa kamu besok akan meninggal, apa yang akan kamu lakukan? Pasti mendadak rajin sholat, sholatnya disungguhin, dihayati dan kamu pasti banyak berdoa memohon ampunan karena tidak mau nanti masuk neraka.

Jadi mengingat kematian itu sangan penting agar kita selalu sadar bahwa hidup di dunia ini hanya sementara, sedangkan di akhirat selama-lamanya.

“Kejarlah dunia seperti kamu akan hidup seribu tahun, tapi ibadahlah seolah besok kamu akan meninggal.”

Loading...
Loading...