Mozaik

5 Nasihat Mbah Moen yang Sangat Indah, Renungkanlah Dengan Hati!

5 Nasihat Mbah Moen yang Sangat Indah, Renungkanlah Dengan Hati!

Wafatnya KH Maimun Zubair atau akrab dipanggil Mbah Moen meninggalkan duka yang mendalam bagi masyarakat Indonesia, khususnya umat Muslim.

Meski beliau sudah meninggal, tapi ajaran-ajarannya tetap akan diingat sepanjang masa. Termasuk beberapa nasihat indahnya ini yang patut kita renungkan dengan hati terbuka.

Berikut lima nasihat Mbah Moen yang harus kita ikuti dan kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Tidak menyepelekan dosa dan tidak sombong oleh amal kebaikan

“Orang itu yang bagus ialah tidak menyepelekan dosa meskipun kecil dan tidak sombong ketika punya amal meskipun banyak.”

Sebaik-baiknya manusia dihadapan Allah adalah mereka yang tidak menyepelekan dosa, sekecil apapun dosa itu dan mereka yang tidak sombong ketika punya amal, meskipun amalnya sangat banyak.

Baca Juga: 5 Nasihat Emas Ali bin Abi Thalib yang Patut Direnungkan

2. Semua yang kita miliki akan hilang

“Semua barang itu akan hilang, orang makan daging juga akan hilang dagingnya, tetapi ada yang tidak hilang yaitu Ruh, ini pemberian langsung dari Allah tanpa proses.”

Semua yang kita miliki di dunia ini, harta, tahta, keluarga, bahkan tubuh kita sendiri, semuanya akan hilang. Hanya ada satu yang tidak akan hilang, yaitu Ruh.

3. Kematian itu adalah rahmat

“Orang ketika keluar dari kandungan sang ibu harus susah, sedangkan keluar dari dunia yaitu meninggal harus senang, ini alamatnya orang akan senang.”

Kematian adalah rahmat karena akan melepaskan seorang hamba Allah dari penderitaan dunia. Itupun jika dia meninggal dengan mendapat rahmat dari Allah, bukan laknat dari Allah.

Baca Juga: 10 Kata Mutiara Cak Nun Tentang Islam Ini Memiliki Makna Mendalam 

4. Jangan menyakiti orang lain

“Jika engkau tidak bisa berbuat kebaikan sama sekali, maka tahanlah tangan dan lisanmu dari menyakiti, setidaknya itu sudah menjadi sedekah untuk dirimu.”

Jika kamu tidak bisa berbuat kebaikan, setidaknya tahan tangan dan lisanmu dari menyakiti orang lain. Jangan sampai kamu tidak pernah berbuat kebaikan, tapi kamu sering menyakiti dan merugikan orang lain.

5. Jangan remehkan amal kecil

“Jika engkau melihat seekor semut terpeleset dan jatuh di air, maka angkat dan tolonglah. Barangkali itu menjadi penyebab ampunan bagimu di akhirat.”

Sekecil apapun amal kebaikan akan diperhitungkan dan akan mendapat ganjarannya. Dan sekecil apapun dosa yang kamu kerjakan akan diperhitungkan pula.

Jangan remehkan amal kecil karena siapa tahu amalan tersebut jadi penolong kamu kelak di akhirat nanti.

Loading...
Loading...
To Top