in ,

5 Lagu Religi yang Memiliki Makna Menyentuh Hati

5 Lagu Religi yang Memiliki Makna Menyentuh Hati

Siapa bilang musik itu haram? Jika memang lagu yang didengarkan bernuansa religi, penuh dengan makna yang menyentuh hati dan bisa membuat kita mengingat nama-Nya, apa salahnya?

Lagu bisa membuat kita kembali teringat kepada Allah dan kelalaian kita dalam beribadah kepada-Nya. Lirik-lirik dalam lagu religi tak jarang bisa menyentuh hati kita dan mungkin bisa meneteskan air mata. Lebih baiknya lagi bisa meningkatkan kembali semangat kita beribadah kepada-Nya.

Langsung saja, berikut 5 lagu religi yang memiliki makna menyentuh hati. Dengarkanlah lagu ini sambil merenungkan maknanya dan rasakan bagaimana damainya hati kamu.

loading...

1. Jika Surga dan Neraka Tak Pernah Ada – Chrisye & Ahmad Dahni

Waktu kamu SD, mungkin kamu pernah mendengar lagu Chrisye yang satu ini? Jika pernah, dulu kamu pasti tidak mengetahui kalau lagi ini ternyata punya makna yang mendalam. Jika direnungkan, setiap lirik lagu ini memiliki arti. Terutama pada bagian ref-nya.

“Jika surga dan neraka tak pernah ada, masihkah kau sujud kepada-Nya. Jika surga dan neraka tak pernah ada, masihkah kau menyebut nama-Nya.”

Jika diartikan, lirik tersebut secara tidak langsung bertanya kepada kita semua, apakah kita ibadah kepada Allah itu karena takut neraka atau hanya karena menginginkan surga. Jika demikian, berarti ibadah kita belum benar-benar tulus karena Allah dan masih lebih tertuju pada surga.

Baca Juga: Tanda-Tanda Orang Yang Sekarat Akan Masuk Surga

Kita beribadah lebih takut neraka bukan takut pada Allah, kita ibadah lebih menginginkan surga ketimbang dekat dengan Allah. Andaikan saja Allah tidak menciptakan surga dan neraka, apakah kita akan tetap beribadah kepada-Nya atau malah enak-enakan berbuat dosa karena tidak ada neraka?

2. Satu – Dewa 19

Banyak yang menyangka kalau lagu berjudul “Satu” yang dibawakan oleh grup band Dewa 19 ini mengandung unsur iluminati karena video klipnya. Coba jangan lihat videonya, tapi dengarkanlah liriknya yang penuh makna sekali. Lagu ini dipenuhi dengan nuansa Tauhid atau meyakini bahwa hanya Allah satu-satunya Tuhan dan tidak ada sekutu bagi-Nya. Simak dulu liriknya berikut ini:

Lirik Lagu Satu Dewa 19
Screenshoot via genius

Pada lirik bagian pertama, memiliki arti bahwa Allah-lah yang telah menciptakan kita semua. Cinta, rindu dan jiwa hanyalah milik Allah semata.

Lanjut pada bagian ref bahwa Allah itu benar-benar Maha Tunggal, tidak ada sekutu bagi-Nya dan tidak ada yang bisa menandingi-Nya. Hanya Allah yang pantas dipuja, hanya meminta pertolongan kepada-Nya dan beribadah hanya kepada-Nya. Setiap kita bernapas, dimanapun dan kapanpun, kita harus selalu mengingat-Nya.

Kita bisa menyentuh karena memiliki tangan, kita bisa berjalan karena memiliki kaki, kita bisa melihat karena memiliki mata, kita bisa mendengar karena memiliki telinga, kita berbicara karena memiliki lidah, siapa yang memberikan tangan, kaki, mata, telinga dan lidah? Siapa lagi kalau bukan Allah.

Setiap manusia memiliki hati. Hati inilah yang jadi satu-satunya alat untuk merasakan dan mendeteksi keberadaan Allah. Hingga kita yakin bahwa Allah itu benar-benar ada dan dekat dengan kita. Keberadaan Allah tidak bisa dideteksi dengan pancar indra yang kelima, tapi dengan hati bisa.

loading...
Loading...
Loading...