in

5 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Menolak Rezeki yang Akan Datang

Setiap makhluk hidup di dunia ini pasti diberikan rezeki sesuai takarannya masing-masing. Rezeki itu bisa berupa uang, barang, kesehatan dan hidup ini adalah rezeki dari Allah yang tak terhingga.

Namun rezeki itu tidak datang dengan sendirinya, harus ada ikhtiar untuk mencari rezeki yang sudah disiapkan Allah. Berbagai macam upaya dan usaha dikerahkan untuk menjemput rezeki dari Allah. Untuk hasilnya, mau kecil atau besar, serahkan saja pada Allah.

loading...

Namun perlu diketahui, ada beberapa kebiasaan atau prilaku kita yang sering dianggap sepele ini, ternyata bisa menolak rezeki yang akan datang. Akibat perbuatan tersebut, Allah mengurangi takaran rezeki yang dikocorkan kepada salah satu hambaNya.

Langsung saja, berikut kebiasaan-kebiasaan yang dapat menolak rezeki yang akan datang. Meskipun demikian, bukan berarti ketika rezeki kamu seret, kamu suka melakukan perbuatan ini. Akan tetapi hal ini patut kita renungkan.

Baca Juga: Baca Dua Kalimat Ini Agar Hati Gak Gelisah Saat Rezeki Seret

1. Jarang sedekah

Rezeki yang Allah berikan kepada kita, ada sebagian yang harus disedekahkan atau dizakatkan kepada orang yang tidak mampu. Jika kita memelihara sifat pelit atau bakhil, maka Allah akan murka pada kita karena kita tidak patuh terhadap perintahnya. Jangan heran bila Allah menutup pintu rezeki kita dikarenakan kekikiran kita.

2. Makan makanan haram

Makanan yang bersumber dari rezeki tidak halal, maka makanan tersebut jadi haram. Jika sampai masuk ke dalam tubuh, makanan haram itu akan menjadi darah dan daging. Memang rasanya tidak ada yang beda antara halal dan haram, tapi sesuatu yang haram bisa membuat hati kita semakin keras dan sulit menerima hidayah dari Allah.

Atas kasih sayang Allah yang tak terhingga, Allah menutup sebagian pintu rezeki kita agar kita berpikir untuk mencari rezeki yang lebih halal.

3. Jarang bersyukur dan banyak mengeluh

Saat rezeki sedang seret, kebanyakan dari kita jarang bersyukur dan lebih banyak mengeluh. Padahal mau rezeki lancar atau seret, kita tetap harus mensyukurinya karena semua itu sudah jadi ketentuan dari Allah. Jika kita mengingkari salah satunya, maka kita masih kufur terhadap nikmat yang Allah berikan.

Baca Juga: Ini 8 Amalan Untuk Membuka Pintu Rezeki

Jika kamu suka mengeluh dan tidak bersyukur, sifat kamu itu akan menolak rezeki yang akan datang. Akibatnya masa susahmu akan diperpanjang.

4. Sering menyakiti perasaan orang lain

Sering menyakiti perasaan orang lain, baik itu dari prilaku atau kata-kata, hal itu juga bisa menolak rezeki yang akan datang. Kita diperintahkan oleh Allah untuk berbuat baik terhadap sesama dan jangan sampai menyakiti perasaan orang lain karena itu termasuk perbuatan dosa berat.

Jika kita menyakiti orang lain, takutnya orang tersebut mendoakan sesuatu yang tidak baik kepada kita. Bayangkan jika ada puluhan orang yang kita sakiti, lalu semuanya mendoakan kita sesuatu yang tidak baik, maka doa mereka cenderung dikabulkan. Oleh karena itu jagalah prilaku dan mulut kalian!

5. Suka bermewah-mewahan

Gaya hidup mewah indentik dengan boros dan sombong. Memang awalnya rezeki akan dilancarkan sederas mungkin, tapi pada akhirnya aliran rezeki itu akan disumbat sebagai bentuk kasih sayang Allah agar kita tidak jadi orang yang sombong dan suka bermewah-mewahan, sementara melupakan urusan sedekah dan ibadah.

loading...
Loading...
Loading...