Mozaik

5 Hikmah Dibalik Sakit yang Jarang Disadari

5 Hikmah Dibalik Sakit yang Jarang Disadari

Saat kita ditimpa musibah berupa penyakit, kadang kala kita suka mengeluh. Bahkan kita suka kesal sama penyakit karena pekerjaan jadi terbengkalai, tidak bisa beraktivitas, tidak bisa bermain dan makan pun jadi tidak enak.

Boleh saja kamu membenci penyakit, tapi ingatlah sesuatu yang kamu anggap buruk belum tentu buruk bagimu. “Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu.” (QS. Al-Baqarah: 216)

Sekilas penyakit memang tampak merugikanmu, tapi ketahuilah dibalik penyakit itu ada hikmah yang jarang kita sadari, apalagi sampai disyukuri.

Baca Juga: Cobaan Berat yang Wujudnya Manis, Banyak yang Gagal Melaluinya

1. Jika sabar, sakit jadi kebaikan bagi seorang muslim

Jika seorang muslim bersabar atas penyakit yang dideritanya, maka dia akan mendapatkan kebaikan berlipat. Hatinya akan diberikan ketenangan meskipun tubuhnya sedang sakit.

2. Sakit akan menghapus dosa-dosa

“Tidaklah seorang muslim tertimpa suatu penyakit dan sejenisnya, melainkan Allah akan mengugurkan bersamanya dosa-dosanya seperti pohon yang mengugurkan daun-daunya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Jika kita ikhlas dan sabar menerima penyakit, itu berarti kita ikhlas menerima ketentuan Allah. Dosa-dosa kita akan digugurkan seperti pohon yang mengugurkan daun-daunnya.

3. Sakit akan mengingatkan seseorang atas kelalaiannya

Ketika menderita penyakit, kita akan sadar betapa berharganya sehat itu. Kita juga akan sadar bahwa selama ini kita tidak memanfaatkan sehat untuk bersungguh-sungguh dalam beribadah. Kita akan tahu bahwa selama ini kita banyak melalaikan urusan ibadah dan lebih mementingkan urusan dunia.

Baca Juga: Kena Demam, Jangan Dicela Tapi Bersyukurlah, Ini Penjelasannya!

4. Penyakit adalah tanda kencintaan Allah kepada hamba-Nya

Salah satu tanda Allah mencintai kita adalah dengan memberikan kita cobaan, termasuk penyakit. Kenapa? Karena dengan diberikan cobaan, kita akan lebih sering berdoa kepada Allah dan bersungguh-sungguh saat sujud.

Jika Allah sudah tidak cinta lagi, Allah akan membiarkan kita terombang ambing dalam kesesatan tanpa ada musibah satupun.

5. Membuat kita ingat kematian

Merasa sehat kadang kala membuat kita lupa akan kematian. Lupa mati itu karena kita terlalu mencintai dunia. Dengan diberikan penyakit, setidaknya kita akan sadar bahwa ajal sangat dekat. Dengan mengingat kematian, keinginan bersungguh-sungguh dalam beribadah akan membara.

To Top