Mozaik

5 Hal yang Boleh Dilakukan Secara Tergesa-Gesa

5 Hal yang Boleh Dilakukan Secara Tergesa-Gesa

Setiap melakukan pekerjaan, sebaiknya jangan dilakukan secara tergesa-gesa karena ini merupakan sifat setan. Tergesa-gesa dalam melakukan suatu hal biasanya membawakan hasil yang tidak memuaskan atau bahkan berujung pada kegagalan.

Namun kaidah ini memiliki pengecualian. Tidak semua hal yang dilakukan secara tergesa-gesa menghasilkan efek buruk. Ada beberapa hal yang memang boleh dilakukan secara tergesa-gesa. Jika dilakukan tidak akan menghasilkan efek negatif.

Inilah beberapa hal yang boleh dilakukan secara tergesa-gesa. Jika dilakukan, maka kamu akan mendapatkan kebaikan.

Baca Juga: Tangisan Pendosa yang Bertaubat Lebih Mulia Dibandingkan Dzikirnya Orang Sombong

1. Menyajikan makanan ketika ada tamu

Ketika ada tamu datang ke rumah, langsung suruh duduk dan segera sediakan minum dan makanan untuk tamu. Memuliakan tamu adalah perbuatan terpuji di mata Allah. Rasulullah pun dulu suka menyambut tamu dan menyajikannya makanan.

2. Segera melenasi utang

Utang itu urusannya bisa sampai terbawa ke akhirat jika tidak dilunasi. Oleh karena itu jangan suka menghutang untuk sesuatu yang kurang bermanfaat. Jika terpaksa sampai ngehutang, segeralah lunasi jika memang ada uangnya. Jangan gunakan uang untuk poya-poya, sementara utang dibiarkan. Ingatlah, utang itu urusannya berat sekali.

3. Segera bertaubat jika berbuat dosa

Ketika kamu merasa sudah melakukan dosa, jangan ditunda-tunda untuk bertobat. Segeralah bertaubat pada waktu itu pula dengan mengucapkan istighfar dan memohon ampunan kepada Allah. Taubat itu jangan ditunda-tunda karena ajal gak akan menunggu kamu taubat dulu.

Baca Juga: 4 Hal Ini Bisa Jadi Penghambat Datangnya Rezeki

4. Menikahkan seorang gadis jika sudah bertemu jodohnya

Jika Anda punya anak perempuan atau laki-laki, jika dia sudah ditemukan dengan pasangannya, jangan lama-lama untuk menikahkannya. Segeralah cari jalan untuk menikahkan anak Anda karena ditakutkan anak Anda terjerumus dalam perbuatan maksiat.

5. Mengurus seseorang ketika ia meninggal

Segera mengurus orang yang meninggal sampai jasadnya dikuburkan wajib hukumnya. Ini adalah tanggung jawab semua orang di kampung tempat orang itu meninggal. Jika sampai dibiarkan, maka dosanya harus ditanggung sekampung.

You May Like

To Top