in

5 Dosa Ini Sering Dilakukan Lagi Setelah Puasa

5 Dosa Ini Sering Dilakukan Lagi Setelah Puasa
Ilustrasi

Selama bulan Ramadhan, kadang kita suka teliti memperhatikan gerak-gerik ucapan dan tingkah laku kita agar tidak membatalkan puasa. Misalnya saja kita jadi enggan ngomongin orang, berbohong atau marah saat sedang puasa.

Selain itu, kita juga mendadak rajin beribadah selama bulan puasa. Kita jadi rajin sholat dan sedekah karena pahalanya akan dilipat gandakan. Namun setelah bulan puasa usai, kebanyakan dari kita jadi kembali jarang melakukan amal kebaikan.

Jika di bulan puasa kita rajin beribadah, setelah puasa usai, kita jadi jarang lagi beribadah atau tidak sama sekali. Bahkan kita kembali lagi melakukan dosa-dosa yang tadinya tidak pernah dilakukan selama Ramadhan.

loading...

Biasanya, kebanyakan orang akan kembali melakukan banyak perbuatan dosa setelah bulan puasa usai.

Baca Juga: 6 Hal yang Akan Kamu Temukan di Media Sosial Ketika Lebaran

1. Tidak menjaga ucapan

Saat puasa kita tidak berani ngomongin orang, marah tanpa alasan yang jelas dan juga kita tidak berani berbohong. Tapi setelah bulan puasa selesai, entah kenapa kita jadi suka berbohong lagi, ngomongin orang sering banget, dan kadang tidak bisa mengendalikan emosi. Parahnya lagi kita jadi sering mengeluarkan perkataan yang dapat menyakiti hati orang lain.

2. Jarang sholat

Karena di bulan puasa pahala akan dilipat gandakan, kita mendadak jadi rajin beribadah. Kita tidak pernah melewatkan sholat lima waktu walau hanya satu kalipun. Namun setelah keluar dari bulan Ramadhan, kita kembali lagi jadi jarang melaksanakan sholat lima waktu.

3. Tidak menjaga prilaku

Puasa itu bisa membentengi kita dari perbuatan keji. Namun kebanyakan orang tidak bisa menjaga prilakunya setelah bulan puasa usai. Padahal waktu puasa kita benar-benar teliti melihat gerak-gerik prilaku kita karena takut puasa jadi batal. Tapi di bulan-bulan lain, perilaku kita malah tidak mencerminkan seorang Muslim.

Baca Juga: Sering Ditanya Kapan Kawin Saat Lebaran? Bungkam Mereka dengan 5 Jawaban Cerdas Ini

4. Lupa beristighfar

Ketika melihat wanita cantik dan seksi saat puasa, dalam hati kita kadang reflek mengucapkan istigfar. Kemudian kita memalingkan pandangan karena takut dosa. Eh pas bukan bulan puasa, melihat cewek seksi seperti jadi tontonan yang asyik. Tidak ada istigfar dalam hati.

5. Jarang bersedekah

Saat puasa kita mungkin sering bersedekahh terhadap sesama dengan niat ingin diberi pahala. Namun di bulan-bulan biasa, kita jadi jarang bersedekah dan malah pelit yang kita pelihara.

Islam itu jangan di bulan puasa saja. Ramadhan hanyalah bulan latihan agar kita tetap beribadah di bulan-bulan lainnya dan senantiasa menjaga hati dari perbuatan dosa seperti kita menjaga diri kita selama bulan puasa.

loading...
loading...
Loading...
Loading...