Mozaik

4 Racun Hati yang Disebabkan Karena Hal-Hal Sepele

4 Racun Hati yang Disebabkan Karena Hal-Hal Sepele

Hati adalah penentu, penentu kita celaka di dunia dan juga di akhirat kelak. Sebab Allah tidak akan melihat fisik seseorang, kekayaannya, rupanya, jabatannya, tapi Allah akan melihat isi hati hamba-Nya. Meskipun dia rajin beribadah, tapi jika hatinya dipenuhi penyakit, maka semua amal ibadahnya akan sia-sia saja.

Jika hati kita tidak terpelihara, maka kita cenderung banyak melakukan perbuatan dosa, ibadah jadi malas, punya sifat takabur dan suka menilai kejelekan orang lain. Memang ada banyak faktor penyebab hati jadi rusak.

Tak perlu dari hal-hal besar, hal kecil yang sering dianggap sepele sekalipun bisa merusak hati kita. Berikut 4 racun hati yang disebabkan karena hal-hal sepele.

1. Banyak bicara

Banyak bicara perlahan-lahan bisa merusak hati kita. Ketika kita banyak bicara, ujung-ujungnya kita banyak membicarakan sesuatu yang kurang bermanfaat, seperti ghibah, ngomongin lawan jenis, saling menghina dan masih banyak lagi.

Dari banyak obrolan tak berguna ini awalnya kita tidak akan merasakan apa-apa, tapi nanti dampak pada hati kita sangat luar biasa. Dari banyak bicara ini bisa berujung pada fitnah, permusuhan dan berburuk sangka.

Baca Juga: 5 Penyakit Hati yang Dapat Menggerogoti Semua Amal Baik Kita

2. Banyak melihat

Banyak melihat disini maksudnya tidak bisa menjaga pandangan. Contohnya saja laki-laki yang suka melihat wanita-wanita berpakaian seksi. Rasanya memang sepele, tapi dampak pada hati sangat berbahaya. Dari tatapan kemudian berubah jadi senyuman, dan dari senyuman bisa berujung pada perzinahan.

3. Banyak makan berlebih

Rasulullah pernah menganjurkan, makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang. Jika dimaknai, janganlah kita makan terlalu berlebihan.

Terlalu banyak makan bisa membuat tubuh jadi gemuk, dan kegemukan bisa memicu malasnya beribadah. Selain itu, terlalu banyak makan bisa mengundang berbagai macam penyakit.

4. Banyak bergaul melampaui batas

Bergaul boleh-boleh saja, hanya saja jangan sampai melampaui batas. Kerusakan hati bisa berawal dari pergaulan bebas, awalnya kita baik bisa berubah jadi tidak baik karena terbawa arus oleh teman-teman yang kurang baik. Oleh karena itu bergaulah dengan orang-orang sholeh agar sedikit demi sedikit kita juga terbawa sholeh.

Nah itulah empat hal sepele yang bisa merusak hatimu secara perlahan-lahan tanpa kita sadari.

To Top