in

4 Maksiat yang Biasa Dilakukan Saat Malam Tahun Baru

4 Maksiat yang Biasa Dilakukan Saat Malam Tahun Baru 1

Menjelang pergantian tahun, hampir semua orang di seluruh dunia ikut bersuka cinta merayakan tahun baru. Malam tahun baru dianggap sebagai malam yang sangat indah, berkesan dan menyenangkan.

Tak hanya non-muslim, yang muslim pun banyak yang ikut-ikutan merayakan malam tahun baru. Padahal perayaan tahun baru bukanlah perayaan agama Islam, melainkan perayaan yang sejarahnya berasal dari kepercayaan agama lain.

Banyak para ahli agama yang berpendapat bahwa merayakan tahun baru hukum haramnya. Sebab orang muslim dilarang menyerupai atau mengikuti perayaan kaum kafir. Sebagaimana sabda Rasulullah, “Barang siapa yang menyerupai suatu kaum, maka ia termasuk bagian dari mereka.” (HR. Abu Dawud).

Bukan tanpa alasan kenapa Rasulullah melarang umatnya menyerupai suatu kaum. Pasalnya perayaan-perayaan orang kafir identik dengan melakukan hal-hal yang dilarang dalam agama Islam. Sehingga nantinya seorang muslim bisa terjerumus dalam perbuatan dosa.

Nah di balik gemerlapnya kembang api dan megahnya malam tahun baru, banyak orang yang melakukan maksiat di malam pergantian tahun ini. Biasanya lima maksiat ini yang paling banyak dilakukan saat malam tahun baru.

Baca Juga: 5 Maksiat yang Langsung Dibalas Saat di Dunia

1. Zinah

Memang indah rasanya menikmati malam tahu baru bersama pasangan. Akan tetapi, tak sedikit pasangan yang memanfaatkan malam tahun baru untuk melakukan zinah. Hal itu dibuktikan dengan penjualan kondom yang meningkat drastis menjelang perayaan tahun baru dan juga banyak pasangan muda yang belum menikah yang memesan kamar di hotel.

2. Mabuk-mabukan

Sangat mustahil bila perayaan tahun baru tidak disertai minum-minuman beralkohol. Terutama kaum muda, banyak dari mereka yang mabuk-mabukan di malam tahun baru. Tak heran jika keesokan harinya banyak ditemukan botol-botol minuman keras.

3. Pesta seks

Di luar negeri, setiap malam tahu baru selalu ada pesta seks, yang artinya melakukan seks secara ramai-ramai dalam suatu ruangan. Tapi tak hanya di luar negeri, di negara yang notabenenya warga muslim seperti Indonesia, selalu ada pesta seks yang digelar ketika tahun baru. Yang lebih parah lagi yaitu pesta seks antar sesama jenis.

4. Meninggalkan sholat

Saking asyiknya berpesta pora di malam tahun baru, banyak kaum muslim yang lupa melaksanakan sholat lima waktu atau bahkan sengaja meninggalkannya. Karena semalaman begadang, sholat isya tidak sempat dan subuh kesiangan. Seburuk-buruknya dosa yaitu meninggalkan sholat lima waktu dengan disengaja.

Itulah beberapa maksiat atau dosa besar yang biasa dilakukan saat malam tahu baru. Bukan bermaksud fanatik, itulah alasan kenapa dalam Islam dilarang merayakan tahun baru Masehi. Alasannya karena takut banyak kaum muslim yang terjerumus dalam perbuatan dosa besar.

Loading...
Loading...