Mozaik

4 Hal Paling Tidak Berguna Menurut Utsman bin Affan

4 Hal Paling Tidak Berguna Menurut Utsman bin Affan

Hal apa yang menurut kalian paling tidak berguna? Hidup miskin, hidup susah, menghabiskan hidup tanpa senang-senang atau menjomblo?

Utsman bin Affan, salah satu sahabat Nabi, pernah mengungkapkan bahwa di dunia ini ada empat hal paling tidak berguna sekalipun itu kelihatannya baik menurutmu. Tapi di depan Allah sama sekali tidak ada gunanya.

1. Ilmu tanpa amal

Ilmu tanpa diamalkan itu mubazir, sama seperti banyak nasi tapi kamu tidak mau memasukkanya ke dalam mulut. Alhasil kamu tetap lapar karena hanya memandang nasi saja. Begitupun dengan ilmu, jika tidak diamalkan semuanya percuma saja.

Jangan jadi orang yang terus-terusan mengumpulkan ilmu tapi tidak mau mengamalkannya. Apalagi kamu terus-terusan memperbanyak ilmu untuk disombongkan, maka Allah akan murka kepadamu.

2. Kekayaan tanpa diiringi berinfak di jalan Allah

Jika di antara kalian ada yang diberikan rezeki lebih, itu bukan untuk dirimu sendiri, tapi ada sebagian yang harus diinfakkan. Jika kamu tidak mau memberikan sebagian rezekimu kepada orang yang membutuhkan, kamu sama saja membangkang sama Allah.

Baca Juga: 10 Nasihat Emas Umar bin Khattab yang Harus Kita Renungkan

Tak peduli seberapa rajin kamu beribadah, jika kamu kikir, semuanya akan percuma saja. Maka kekayaan itu tidak akan ada gunanya jika tidak diiringi dengan berinfak di jalan Allah.

3. Kesalehan hanya untuk disombongkan

Tak sedikit orang yang belajar ilmu agama hanya untuk menyombongkan diri, merasa dirinya paling benar dan suka menjelekkan keburukan orang lain.

Allah tidak akan memandangmu dari penampilan, meskipun penampilan kamu terlihat shaleh, tapi jika ada menyombongkan kebaikanmu, maka bagian untuk kamu adalah neraka.

4. Umur panjang yang dihabiskan tanpa berbuat kebaikan

Banyak dari kita berdoa semoga diberikan umur panjang. Jika seandainya Allah bertanya seperti ini, untuk apa kamu ingin umur panjang? Apa yang akan kamu jawab?

Diberikan umur panjang memang anugrah, tapi jika menghabiskan umur panjang hanya untuk berbuat maksiat, itu hanya akan menambah panjang dosamu dan kamu akan termasuk golongan orang yang celaka. Namun jika kamu menghabiskan umurmu untuk beramal saleh, maka kamu termasuk golongan orang yang beruntung.

To Top