in

4 Hal Indah yang Mungkin Kamu Temukan Saat Sujud Dalam Sholat

Allah itu sangat dekat dengan kita. Dan posisi paling dekat dengan Allah yaitu ketika sholat, dan posisi paling dekat dengan Allah saat sholat yaitu ketika sujud. Jadi panjatkanlah doa sebanyak mungkin saat sujud, terutama mintalah ampunan pada Allah selama sujud.

Sujud adalah bentuk penghambaan paling sempurna di depan Allah. Dengan bersujud kepada Allah, kita mengakui bahwa kita adalah makhluk yang lemah, tak berdaya dan tak luput dari dosa. Kita mengakui bahwa hanya Allah yang patut disembah dan hanya kepada Allah lah kita mengadukan keluh kesah hati kita.

loading...

Jika kita sudah bisa membawa ikhlas dalam sholat, tak memikirkan hal lain selain Allah dalam sholat, beberapa hal indah ini mungkin bisa kamu temukan saat sujud dalam sholat.

1. Merasa dielus Allah

Di saat kita sedang ditimpa berbagai macam permasalahan hidup yang amat berat, lalu kita merasakan Allah seolah mengelus kepala kita saat sujud, entah kenapa hati ini terasa sangat tenang dan bahagia. Rasanya seperti ingin menangis bahagia padahal kita sendiri sedang ditimpa permasalahan yang berat.

Baca Juga: Bagaimana Cara Sholat Bisa Menenangkan Hati Kita?

Saat merasakan elusan tersebut, kita seolah membayangkan Allah berkata pada kita, “Sabarlah hambaku, semua ujian ini adalah bentuk kasih sayang-Ku kepadamu agar kamu selalu bersujud kepada-Ku dan tidak melupakan-Ku.”

2. Menangis tersedu-sedu

Yang paling indah dalam sujud yaitu ketika kita diberikan hidayah untuk melihat dosa-dosa kita terdahulu, tetapi Allah tak bosan-bosan memberikan kita kesempatan untuk memperbaiki diri. Saat itulah, kita merasa sangat sedih dan bahkan sampai menangis tersedu-sedu.

Tangisan tersebut bukan untuk menangisi permasalahan hidup kita, tapi kita menangisi dosa-dosa kita. Kita takut meninggal dalam keadaan berlumuran dosa dan Allah sampai detik ini masih memberikan kita kesempatan untuk memperbaiki diri.

3. Digugurkannya dosa-dosa

Saat kita sujud dengan sepenuh hati, saat itulah dosa-dosa kita berguguran bagaikan daun yang terjatuh dari pohonnya. Meskipun dosa-dosa sedang digugurkan, tapi entah kenapa kita tetap merasa berdosa di depan Allah. Karena merasa banyak dosa, kita takut sekali ditinggalkan oleh Allah.

Baca Juga: Ini Akibat Sholat Dhuha yang Mengejutkan

Selalu merasa berdosa dan takut akan ditinggalkan Allah adalah nikmat iman yang luar biasa. Ketakutan tersebut malah akan berbuah jadi ketenangan dan ketentraman dalam hati.

4. Semua permasalahan yang disimpan dalam hati hilang begitu saja

Saat mendapatkan permasalahan yang amat berat, kita selalu menyimpannya dalam hati. Tak heran jika hati kita selalu merasa risau, gundah dan jauh dari ketenangan.

Namun dengan bersujud, semua permasalahan yang kita simpan dalam hati bisa lenyap seketika. Karena jika sujudnya bersungguh-sungguh, mungkin kita akan meyakini bahwa Allah itu selama ini selalu ada untuk kita, Allah tidak akan membiarkan hamba-Nya menderita dan Allah pasti akan mengganti semua penderitaan kita dengan kebahagiaan.

Dengan meyakini demikian, mengapa kita harus takut menghadapi semua permasalahan hidup ini karena ada Allah.

loading...
Loading...
Loading...