Mozaik

4 Doa yang Harus Dipanjatkan Setelah Sholat Tahajud

4 Doa yang Harus Dipanjatkan Setelah Sholat Tahajud

Allah sangat menganjurkan hamba-Nya untuk bangun di tengah malam lalu melaksanakan sholat tahajud. “Dan pada sebagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al Israa: 79).

Waktu yan cocok untuk melaksanakan sholat tahajud adalah sepertiga malam atau sekitar pukul 2 pagi sampai 4 pagi. Di waktu inilah, waktu yang cocok untuk berdoa. Sebab kesempatan terkabulnya doa di waktu tersebut sangat besar.

Rasulullah bersabda: “Rabb kita turun ke langit dunia pada sepertiga malam yang akhir pada setiap malamnya. Kemudian berfirman: ‘Orang yang berdoa kepada-Ku akan Ku kabulkan, orang yang meminta sesuatu kepada-Ku akan Kuberikan, orang yang meminta ampunan dari-Ku akan Kuampuni’.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Maka dari itu, dirikanlah sholat tahajud walau sangat berat harus bangun di tengah malam hari. Di kala orang lain sedang nyenyak tidur, tapi kita mendirikan sholat dan berdoa kepada Allah. Pasti Allah akan menaikan derajat kita jika memang kita membawa ikhlas.

Baca Juga: Tips Agar Tidak Sulit Bangun Untuk Sholat Tahajud

Setelah sholat tahajud, jangan lupa panjatkan empat doa ini kepada Allah. Insyaallah, Allah akan mengabulkan doa kita.

1. Doa minta ampunan

Setelah sholat tahajud, jangan langsung berdoa minta rezeki atau minta masalah diselesaikan. Pertama, mintalah ampunan kepada Allah. Kita sebagai manusia yang selalu melakukan dosa lebih banyak dibandingkan dengan berkedip, sudah sepantasnya mengangkat dua tangan kita lalu berdoalah minta ampunan atas semua dosa kita.

Jangan jadi manusia yang merasa tidak punya dosa karena rajin beribadah dan melakukan amal kebaikan. Celakalah orang seperti itu karena mereka sangat sombong.

2. Doa minta hidayah dan taufiq

Hidayah adalah petunjuk dan taufiq adalah kemampuan untuk mengikuti hidayah dari Allah. Sebagai manusia yang lemah dan tak berdaya, sudah seharusnya kita selalu meminta hidayah dan taufiq dari Allah agar kita tidak tersesat ke jalan yang salah dan selamanya kita berada di jalan Allah.

Banyak orang yang awalnya beriman tapi pada akhirnya mereka tersesat sebab mereka tidak mengikuti hidayah dari Allah. Oleh karena itu, senantiasalah minta hidayah dan taufiq pada Allah agar kita diberikan keistiqomahan, kesabaran dan keikhlasan ketika mendapat ujian yang pahit maupun manis.

Baca Juga: Banyak Dosa dan 4 Penyebab Lainnya yang Membuat Kita Sulit Bangun Untuk Tahajud

3. Doakan kebaikan untuk saudara-saudara kita

Setelah mendoakan kebaikan untuk diri sendiri, jangan lupa mendoakan kebaikan untuk orang-orang terdekat kita, seperti orang tua, adik/kakak, tetangga, kerabat dan teman-teman kita. Doakan mereka semua agar selalu diberikan hidayah dan taufiq. Doakan mereka agar selalu berada di jalan Allah dan diampuni dosa-dosanya. Intinya doakan kebaikan dunia dan akhirat untuk saudara-saudara kita.

Kalau bisa, doakan kebaikan pula untuk orang yang telah menyakitimu, membencimu dan memfitnahmu. Bahagialah orang yang mampu mendoakan kebaikan untuk orang yang telah menyakitinya dengan penuh keikhlasan. Allah akan mencabut semua penyakit hati dalam dirinya dan memberinya ketenangan dalam hati.

4. Doa untuk kepentingan kita

Setelah itu, baru kita bisa berdoa memanjatkan semua kepentingan kita. Jika dalam urusan rezeki, mintalah kepada Allah agar melancarkan rezeki kita disertai berkahnya. Mintalah pada Allah untuk mencukupkan segala urusanmu. Sebab di luar sana banyak yang penghasilannya miliaran hingga triliunan, tapi hatinya tidak merasa cukup dan selalu diselimuti kegelisahan. Mintalah pada Allah agar kita selalu bersyukur di kala kesulitan ekonomi ataupun saat ekonomi lancar.

Jadi, berdoalah kepada Allah agar semua kebutuhan kita terpenuhi untuk menopang ibadah kita dan kepetingan akhirat kita.

Jangan lupa panjatkan doa tersebut setelah melaksanakan sholat tahajud di sepertiga malam. Kemudian bersabarlah dan bertawakalah setelah berdoa.

Loading...
Loading...
To Top