in

4 Cara Mendapatkan Jodoh yang Saleh Menurut Islam

4 Cara Mendapatkan Jodoh yang Saleh Menurut Islam
Foto: ruangmuslimah.co

Setiap orang pasti ingin mendapatkan jodoh yang baik dan saleh, rupawan hatinya dan juga wajahnya. Jika ingin mendapatkan jodoh seperti itu, sudahkah Anda mempantaskan diri terlebih dahulu?

Mendapatkan istri atau suami yang saleh tidaklah mudah di zaman sekarang ini. Jika Anda ingin mendapatkan jodoh yang baik hatinya dan saleh, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Berikut caranya yang dikutip Wow Menariknya berdasarkan pandangan Islam.

1. Pantaskan diri terlebih dahulu

4 Cara Mendapatkan Jodoh yang Saleh Menurut Islam
Foto: tongkronganislami.net

Orang yang saleh akan dijodohkan dengan saleh, yang keji akan dijodohkan dengan yang keji, sebagaimana firman Allah SWT dalam surat An-Nur ayat 26:

loading...

“Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula).” (QS:An-Nur, 26)

Jika seseorang masih suka mabuk, berzina, jarang beribadah, dan memiliki akhlak yang buruk, jangan harap punya jodoh yang saleh. Terlebih dahulu orang tersebut harus merubah diri sendiri atau berhizrah dari yang buruk ke yang baik.

2. Lihatlah hatinya dulu

4 Cara Mendapatkan Jodoh yang Saleh Menurut Islam
Foto: islamidia.com

Ketika melihat lawan jenis, jangan dulu melihat penampilan fisiknya, tapi lihat dulu hatinya. Penampilan fisik yang indah tidak menjamin orang tersebut memiliki hati yang indah juga. Tapi jika hatinya indah, baik dan saleh, maka akan terpancar sampai ke wajah. Melihat indah atau tidaknya hati seseorang, bisa dilihat dari akhlaknya, cara bicaranya, rajin beribadah atau tidak.

“Dan janganlah kamu menikahi wanita-wanita musyrik, sebelum mereka beriman. Sesungguhnya wanita budak yang mukmin lebih baik dari wanita musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Dan janganlah kamu menikahkan orang-orang musyrik (dengan wanita-wanita mukmin) sebelum mereka beriman. Sesungguhnya budak yang mukmin lebih baik dari orang musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Mereka mengajak ke neraka, sedang Allah mengajak ke surga dan ampunan dengan izin-Nya. Dan Allah menerangkan ayat-ayat-Nya (perintah-perintah-Nya) kepada manusia supaya mereka mengambil pelajaran.” (QS: Al-Baqarah, 221)

Baca Juga: Alasan Ilmiah Kenapa Jodoh Kadang Punya Wajah Mirip

3. Selalu berdoa

4 Cara Mendapatkan Jodoh yang Saleh Menurut Islam
Foto: khazanahahlulbait.com

Jika Anda sedang bimbang soal urusan jodoh, senantiasalah berdoa diberikan jodoh yang saleh. Nanti Allah SWT akan menghendaki Anda untuk jatuh cinta kepada orang yang saleh, bukan jatuh cinta kepada yang keji. Agar doa Anda dikabulkan, kembali pada poin nomor satu.

4. Lakukan shalat istikharah

4 Cara Mendapatkan Jodoh yang Saleh Menurut Islam
Foto: bersamadakwah.net

Shalat istikharah adalah shalat sunnah yang dikerjakan untuk meminta petunjuk dari Allah SWT. Biasanya shalat ini dikerjakan ketika Anda merasa ragu-ragu saat mau mengambil keputusan.

Mintalah petunjuk kepada Allah jika hati Anda tidak yakin apakah calon pasangan Anda baik atau tidak untuk Anda. Jika Allah mengkhendaki, Allah akan memberikan jawaban melalui kejadian-kejadian atau cobaan. Di sinilah Anda harus selalu senantiasa mengingat Allah sepanjang waktu,

loading...
loading...
Loading...
Loading...