in

3 Perumpamaan Keberadaan Allah Ini Ada di Sekitar Kamu

3 Perumpamaan Keberadaan Allah Ini Ada di Sekitar Kamu

Sudah seharusnya seorang Muslim mempercayai keberadaan Allah dan meyakini bahwa tiada Tuhan selain Allah. Namun masih banyak yang masih ragu tentang keberadaan Allah, entah itu keraguannya ditunjukan dari ucapan maupun perbuatan.

Padahal Allah sendiri sudah menciptakan banyak hal sebagai bukti eksistensi bahwa Allah itu ada dan selalu mengawasi gerak-gerik kita setiap hari. Untuk meningkatkan keyakinan kita, barang kali beberapa perumpamaan (pemisalan) yang ada di sekitar kita ini bisa membuat kita semakin yakin bahwa Allah itu benar-benar ada.

1. Angin

3 Perumpamaan Keberadaan Allah Ini Ada di Sekitar Kamu

loading...

Sesuatu yang gaib tidak akan bisa dilihat dengan kasat mata, apalagi Allah yang Maha Gaib. Namun keberadaan Allah bisa dirasakan melalui hati yang disimpan dalam diri setiap manusia. Layaknya angin yang berhembus, tidak berwarna, tidak terlihat, tapi kita bisa merasakan sejuknya angin. Begitupun dengan Allah, meski tidak terlihat tapi kita bisa merasakan keberadaanNya.

2. Manisnya rasa gula

3 Perumpamaan Keberadaan Allah Ini Ada di Sekitar Kamu

Seperti apa rasa gula itu? Pasti semuanya menjawab manis dan tidak ada yang ragu lagi tentang rasa manis dalam gula. Namun jika ditanya seperti apa wujud manis, apa yang akan Anda jawab? Tentu Anda tidak akan bisa menjawabnya.

Anda tahu manis itu rasanya begitu, asin begitu, pahit begitu, hanya saja Anda tidak bisa menjelaskannya dengan ucapan. Begitulah tentang sesuatu yang gaib, bisa dirasakan tapi tidak bisa dijelaskan.

3. Cinta

3 Perumpamaan Keberadaan Allah Ini Ada di Sekitar Kamu

Berbicara tentang cinta, pasti semua orang sudah hatam semua tentang cinta. Cinta itu bisa membuat hati merasa tenang, dunia terasa milik berdua dan pokoknya hidup jauh lebih bahagia. Namun seperti apa bentuk cinta, apakah berbentuk simbol hati, berwarna merah atau pink? Itu hanyalah simbol dan rasa cinta dalam hati tidak bisa digambarkan layaknya rasa manis dalam gula.

Cinta yang kita rasakan dalam hati adalah salah satu kebesaran Allah yang diberikan kepada kita. Hanya kaum berpikir saja yang akan bisa merasakan kebesaran Allah dalam rasa cinta tersebut.

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.” (QS: Ar-Rum, ayat 21).

loading...
loading...
Loading...
Loading...