Mozaik

3 Nasihat Kehidupan Untuk Mencapai Kebahagiaan Dunia Akhirat

3 Nasihat Kehidupan Untuk Mencapai Kebahagiaan Dunia Akhirat

Kamu ingin bahagia di dunia saja dan di akhirat menderita, atau di dunia menderita di akhirat bahagia? Pasti jawabannya ingin dunia dan akhirat bahagia.

Untuk mendapatkan kebahagiaan dunia akhirat, diperlukan kesungguhan dan tekad kuat dibarengi kesabaran ekstra. Sebab selama kamu hidup di dunia ini tidak akan pernah terlepas dari yang namanya permasalahan.

Siring berjalannya waktu, permasalahan akan terus silih berganti wajah. Selesai masalah satu, muncul masalah dua, tiga dan seterusnya. Untuk mencapai kebahagiaan yang hakiki, intinya jangan gadaikan urusan akhirat demi mendapatkan dunia. Tapi kejarlah akhirat dan dunia pun akan mengikuti.

Berikut ini ada 3 nasihat kehidupan untuk mencapai kebahagiaan dunia akhirat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

Baca Juga: 5 Nasihat Emas Ali bin Abi Thalib yang Patut Direnungkan

1. Bersungguh-sungguh

“Man jadda wajadda (siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil).”

Hanya orang yang bersungguh-sungguh dalam setiap urusan yang akan berhasil. Kesungguhan ditemani dengan kegigihan pasti akan membawakan hasil yang memuaskan. Maka bersungguh-sungguhlah dalam mengejar akhirat dan bekerja keraslah dalam mengejar dunia.

2. Bersabar

“Man shabara zhafira (siapa yang bersabar akan beruntung).”

Kesungguhan saja tidak cukup, diperlukan sabar yang akan jadi pondasi tekadmu. Tanamkanlah sifat sabar yang kokoh yang agar siap menghadapi rintangan hidup seberat apapun. Karena pada ujungnya, kesabaran akan membawa keberuntungan.

Baca Juga: 7 Golongan Manusia Paling Rugi di Dunia dan Akhirat

3. Tempuh jalan yang benar

“Man saara ala darbi washala (siapa yang berjalan di jalan-Nya akan mencapai tujuan).”

Berjalanlah di jalan yang benar, bukan di jalan yang sesat. Jika kamu mengejar dunia, maka kamu akan mendapatkan dunia, tapi tidak akhirat. Jika kamu mengejar Allah, kamu pasti mendapatkan Allah dan dunia akan mengikutimu.

Nasihat di atas memang mudah dicuapkan dan mudah dibayangkan, tapi praktikanya beratnya seperti memanggul sebuah gunung. Oleh karena itu, senantiasalah berdoa kepada Allah agar diberikan kemampuan dan dimudahkan segala urusan.

You May Like

To Top