Mozaik

3 Cara Menjadi Orang Sukses Menurut Alquran dan Hadist

3 Cara Menjadi Orang Sukses Menurut Alquran dan Hadist

Sukses adalah impian semua orang. Banyak sekali orang yang beranggapan bahwa jika sudah sukses maka akan merasakan kebahagiaan. Namun bukanlah perjalanan yang mudah untuk menuju kesuksesan.

Perjuangan yang teramat perih, berat dan sungguh-sungguh untuk meraihnya. Namun apalah arti sebuah perjuangan tanpa do’a. Allah pemilik segala Maha. Allah yang memiliki langit, bumi beserta isinya.

Dalam kesempatan ini, kami merangkum 3 cara menjadi orang sukses sebagaimana disebutkan dalam Ayat Alquran dan hadist.

1. Bertakwa

Takwa adalah melaksanakan perintah Allah dan menjauhi segala larangan Allah. Kelihatan simple bukan cara yang pertama ini? Namun dalam praktiknya, ini merupakan langkah yang sangat sulit. Seringkali orang menghalalkan segala cara untuk meraih kesuksesan dan melupakan ketakwaannya kepada Allah SWT. Padahal Allah telah menjanjikan sesuatu untuk orang yang bertakwa dalam firmanNya,

Allah SWT berfirman “Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar, dan memberikan rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya.” (QS. Ath Tholaq: 2-3)

2. Berbakti Kepada Orang Tua

Orang tua telah merelakan seluruh hidupnya untuk kehidupanmu. Ibu yang tanpa telah mengandung 9 bulan lamanya, lalu harus melahirkanmu ke dunia dengan bertaruh nyawa, lalu merawatmu dengan kelembutannya. Ayah yang telah berjuang mencari nafkah, tak peduli jika harus menahan sakit untuk tetap bisa berjuang mencari nafkah halal untukmu, melunasi biaya pendidikanmu yang semakin hari semakin mahal, meski tidak ikut andil dalam mengandung dan melahirkanmu tapi hidupmu sudah menjadi tanggungan yang ia pikul.

Itulah sebagian kecil contoh perjuangan orang tuamu dari triliunan perjuangan yang sudah orang tuamu berikan untukmu.  Ada satu hadist yang menjelaskan apa yang terjadi jika kita bisa berbakti kepada orang tua

Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang suka untuk dipanjangkan umur dan ditambahkan rezekinya, maka bebraktilah pada orang tua dan sambunglah tali silaturahmi (dengan kerabat).” (HR. Ahmad).

3. Rajin memperbanyak do’a

Do’a adalah cara yang paling tepat untuk “menghubungi” Allah. Dengan do’a segala urusan dan kesuksesan pun mudah diraih. Ingatlah bahwa Allah pemilik segala Maha. Salah satunya adalah Al-Ghaniyyu yang artinya Maha Kaya. Jika kamu bercita-cita ingin menjadi orang kaya, orang sukses, dibanyakan rezeki. Mengapa kamu tidak memintaNya langsung kepada Allah yang Maha Kaya? Ketika kamu mengingat Allah, dalam detik yang sama Allah pun mengetahui.

“Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah dan Engkau yang menjadikan kesedihan (kesusahan) menjadi mudah jika Engkau kehendaki).” (HR. Ibnu Hibban dan Ibnu Suni. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadist ini shahih. Lihat Ash Shahihah no. 2886)

Jika kamu ingin sukses, maka buktikanlah. Namun sukses yang kamu raih jangan hanya sukses di dunia ya, sukses di akhiratpun perlu kamu raih juga!

To Top