in

10 Fenomena Akhir Zaman yang Nampak Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Fenomena akhir zaman

Ada banyak tanda kiamat seperti yang pernah disebutkan oleh Rasulullah, seperti moral manusia semakin jatuh, akidah semakin memudar, kemusyrikan dan kejahatan semakin merajalela dan masih banyak lagi.

Di akhir zaman memang bakalan banyak kejadian yang tidak sejalan dengan kebenaran sebagaimana mestinya. Jika diperhatikan dengan seksama, tanda-tanda akhir zaman sebenarnya sudah banyak yang nampak sekarang juga. Tanpa kita sadari, fenomena akhir zaman sering kita temui setiap hari.

Dikutip Wow Menariknya, berikut 10 fenomena akhir zaman yang sudah nampak dalam kehidupan sehari-hari.

1. Penghasilan semakin meningkat, tapi ketentraman jiwa semakin berkurang

Uang memang semakin banyak, usaha maju terus, bisa beli ini beli itu, tapi anehnya ketentraman jiwa malah semakin berkurang. Padahal dulu menyangka kalau harta bisa menentramkan jiwa, tapi ternyata tidak. Ketenangan jiwa semakin berkurang karena kita terlalu mencintai dunia dan lupa pada urusan akhirat.

Baca Juga: Ini Pidato Iblis di Hari Kiamat yang Akan Membuat Pendosa Menangis Histeris

2. Ilmu semakin tinggi, akhlak semakin rendah

Banyak orang yang ilmunya tinggi, gelar dan pangkatnya banyak, tapi dia memiliki akhlak yang rendah. Ilmunya yang banyak telah membuatnya jadi orang sombong hingga lupa pada kesalahan diri sendiri. Akhlak itu lebih utama dibandingkan dengan ilmu.

3. Banyak masjid mewah, tapi kosong akan hidayah

Masjid-masjid sekarang dibuat sebesar dan semewah mungkin. Namun isinya kosong dari hidayah. Orang-orang lebih suka mengunjungi mal dan tempat hiburan dibandingkan dengan masjid.

4. Pengobatan makin canggih, tapi kesehatan semakin memburuk

Jika dibandingkan dengan zaman dulu, pengobatannya masih menggunakan metode yang sangat tradisional, tapi orang-orangnya sangat sehat, jarang yang sakit dan kuat. Namun sekarang, metode pengobatan makin canggih, tapi banyak orang yang daya tahan tubuhnya lemah, sedikit-sedikit sakit.

5. Jumlah manusia semakin banyak, rasa kemanusiaan semakin menipis

Dari hari ke hari, jumlah manusia semakin banyak hingga memenuhi bumi ini. Sayangnya, rasa kemanusiaan di setiap individu semakin berkurang. Rasa kepedulian terhadap sesama, rasa ingin menolong sudah mulai memudar. Kebanyakan lebih mementingkan diri sendiri dan keuntungannya sendiri, tak peduli meskipun orang lain menderita.

6. Orang yang rendah ilmu banyak bicara, orang yang berilmu banyak berdiam

Di akhir zaman bakalan banyak orang yang hatinya dipenuhi dengan kemunafikan tapi suka berbicara soal kebenaran sementara dirinya sendiri tidak mau menerima kebenaran itu. Dia suka mengatakan sesuatu yang salah di mata Allah tapi menurutnya benar, hingga banyak yang tersesat karena perkataannya.

Sementara orang yang banyak ilmunya enggan berbicara dan enggan menyebarkan kebaikan. Dia lebih memilih diam karena kurangnya rasa peduli.

Baca Juga: Ramalan Rasulullah Tentang Akhir Zaman yang Jadi Kenyataan Sekarang

7. Tontonan makin banyak, tapi tuntunan semakin berkurang

Perkembangan teknologi telah membuat banyak orang lalai dari mencari tuntunan. Kebanyakan lebih asyik nonon media sosial, film dan televisi dibandingkan dengan mencari tuntunan dalam jalan kebenaran.

8. Memiliki banyak teman fiksi, tapi tidak punya teman sejati

Sekarang orang-orang lebih mengutamakan kehidupan di dunia maya, bagaimana caranya mendapatkan teman sebanyak mungkin di media sosial. Teman fiksi memang banyak, tapi teman sejati yang mau menasehati dan mengajak dalam kebanaran sama sekali tidak punya.

9. Pakaian semakin bagus, hati semakin rusak

Di depan manusia, orang yang berjas dan berdasi dianggap lebih mulia dibandingkan dengan orang yang pakaiannya lusuh seperti orang miskin. Tapi di depan Allah, orang yang pakainnya lusuh bisa jauh lebih mulia dibandingkan dengan orang yang pakainnya bagus, berjas dan berdasi.

Sebab banyak yang pakainnya bagus tapi hatinya busuk. Dia seperti orang yang suci padahal isi hatinya dipenuhi dengan kemunafikan dan keserakahan. Contohnya saja orang yang korupsi, mereka memang berjas dan berdasi, tapi mereka tega mencuri uang rakyat demi kepentingannya sendiri.

10. Kebenaran banyak yang memusuhi, kesesatan banyak yang mengikuti

Salah satu kondisi yang menandakan akhir zaman adalah kebenaran semakin dijauhi, tapi kesesatan banyak yang mengikuti. Orang-orang yang berada dalam jalan kebenaran banyak dimusuhi, difitnah dan dicaci maki, tapi orang yang berada dalam kesesatan banyak yang pengikutnya.

Loading...