in

Unik, 4 Negara Ini Tidak Merasakan Malam Hari Saat Musim Panas

Unik, 4 Negara Ini Tidak Merasakan Malam Hari Saat Musim Panas 1

Pergantian siang dan malam merupakan hal paling penting untuk kelangsungan hidup manusia di muka bumi. Namun apa jadinya jika dalam waktu tertentu, hanya siang saja yang muncul, sementara malam tidak ada?

Di Indonesia siang dan malam terbagi dengan waktu masing-masing 12 jam. Hal ini berpengaruh terhadap iklim Indonesia yang memiliki iklim tropis dan hanya memiliki 2 musim yaitu musim panas dan musim hujan disetiap tahunnya.

Sayangnya, hal ini akan berbeda pada beberapa negara yang mengalami iklim 4 musim yakni musim semi, musim gugur, musim dingin dan musim panas. Tentunya hal itu mempengaruhi kondisi siang dan malam di daerah tersebut.

Seperti orang-orang yang tinggal di kutub utara, terhitung 20 April-23 Agustus atau sejak musim panas berlangsung, negara-negara ini bakal mengalami waktu siang lebih lama atau bahkan tidak merasakan malam selama beberapa hari.

Lalu, di negara mana sajakah itu? Yuk kita simak ulasannya berikut ini yang dihimpun Wow Menariknya dari berbagai sumber.

Baca Juga: 5 Negara Ini Alami Krisis Cowok, Akibatnya Banyak Cewek Cantik Menjomblo

1. Norwegia

Unik, 4 Negara Ini Tidak Merasakan Malam Hari Saat Musim Panas 2

Fenomena ini memang sudah biasa dialami masyarakat Norwegia. Negara ini memang menjadi negara yang mengalami perubahan musim cukup ekstrim. Salah satu kota di Norwegia bernama Hammerfest yang berada paling utara memiliki siang hari selama 24 jam saat awal Mei hingga akhir Juli, hal ini menyebabkan udara di kota tersebut sangat panas.

2. Islandia

Unik, 4 Negara Ini Tidak Merasakan Malam Hari Saat Musim Panas 3

Islandia termasuk dalam daftar negara yang mengalami fenomena tak biasa. Ketika musim panas berlangsung, maka waktu siang di beberapa kota di Islandia hampir berlangsung selama 24 jam. Begitu pun sebaliknya, ketika musim dingin, Islandia akan benar-benar gelap selama 24 jam. Matahari di Islandia seolah tidak pernah terbenam ketika musim panas.

Baca Juga: 10 Negara Ini Memiliki Penduduk Paling Panjang Umur

3. Swedia

Unik, 4 Negara Ini Tidak Merasakan Malam Hari Saat Musim Panas 4

Negara yang terletak di Eropa Utara ini sangat dekat dengan kutub utara. Hal ini menyebabkan salah satu kotanya yaitu Lulea mengalami siang hari selama 23 jam dan hanya mengalami gelap selama 60 menit saat musim panas.

4. Kanada

Unik, 4 Negara Ini Tidak Merasakan Malam Hari Saat Musim Panas 5

Dua kota di Kanada yakni Yukon dan Munavut menjadi dua kota yang selalu mengalami siang hari sangat panjang selama musim panas di Kanada. Warga sekitar sama sekali tidak bisa merasakan matahari terbenam ketika musim panas tiba, hal ini berlangsung dari bulan Juni hingga Agustus.

Loading...
Loading...