in

Ini Dia 5 Presiden dengan Masa Jabatan Terlama

3. Presiden Angola Jose Eduardo dos Santos – 38 tahun

Ini Dia 5 Presiden dengan Masa Jabatan Paling Lama
Foto: Famous People

Presiden kedua Angola ini sudah menjabat jadi presiden sejak 35 tahun yang lalu, tepatnya sejak tahun 1979.

Santos sendiri merupakan pendiri Partai Pembebasan Angola (MPLA), yang menentang penjajahan Portugis. Dia menjadi presiden kedua setelah presiden pertama, Agostinho Neto, meninggal pada tahun 1979.

Pada tahun 2002, Santos mendadak siap mundur dari posisi presiden, namun perkataannya itu tidak lebih dari omong kosong. Hingga ia terus melanjutkan masa kepresidenannya sampai tahun 2017 lalu.

Baca Juga: Dari Petugas Satpam, Pria Muslim Ini Sekarang Jadi Presiden

4. Presiden Guinea Khatulistiwa Teodoro Mbasogo – 38 tahun

Ini Dia 5 Presiden dengan Masa Jabatan Paling Lama
Foto: Enca

Sama halnya dengan Presiden Angola Jose Eduardo dos Santos, Teodoro Mbasogo juga sudah jadi Presiden Guinea Katulistiwa sejak tahun 1979. Bedanya, Mbasogo lebih awal satu bulan dibandingkan dengan Santos.

Mbasogo berhasil merebut tempat duduk kepresidenan dari kakanya lewat kudeta bedarah. Namun beruntung negaranya memiliki minyak yang melimpah, sehingga perekonomian negaranya stabil dan rakyatnya tidak mengelus atas sikapnya yang otoriter. Sampai sekarang ia masih duduk di kursi kepresidenan.

5. Presiden Kuba Fidel Castro – 49 tahun

Ini Dia 5 Presiden dengan Masa Jabatan Paling Lama
Foto: National Review

Fidel Castro mungkin bisa disebut sebagai presiden dengan masa jabatan terlama di dunia. Dia sudah berjuang menggulingkan Presiden Fulgancio Batista yang dianggap sewenang-wenang, pada tahun 1950-an.

Setelah melakukan perjuangan kudeta yang dilancarkannya, akhirnya pemerintahan Batista berhasil digulingkan pada tahun 1959. Castro pun didaulat jadi presiden sejak saat itu.

Pada tahun 2009, Castro mundur dari jabatan presiden karena komplikasi penyakit yang dideritanya lalu digantikan oleh adiknya, Raul. Dia kemudian meninggal pada 25 November 2016 lalu.

Loading...
Loading...