in

Ini Dia 5 Presiden dengan Masa Jabatan Terlama

Ini Dia 5 Presiden dengan Masa Jabatan Terlama

Presiden merupakan pemimpin tertinggi dalam suatu negara yang memiliki peranan penting dalam menjalankan roda pemerintahan negaranya. Di Indonesia sendiri, presiden tidak bisa selamanya duduk di kursi kepresidenan, ada masa jabatan yang membatasi kekuasaan presiden.

Namun, tidak semua negara menganut sistem presidensial, yang berarti membatasi masa kerja sang presiden. Jadi, dengan tidak menganut sistem presidensial, memungkinkan seorang pemimpin untuk berkuasa dalam jangka waktu yang lama.

Langsung saja, berikut lima presiden dengan masa jabatan terlama. Ada yang menjabat sampai 50 tahun lamanya.

loading...

1. Presiden Yaman Ali Abdullah Saleh – 33 tahun

Ini Dia 5 Presiden dengan Masa Jabatan Paling Lama
Foto: Eramuslim

Ali Abdullah Saleh adalah Presiden Yaman yang pertama ketika negara Yaman terbentuk pada tahun 1990 setelah reunifikasi antara Yaman Utara dan Yaman Selatan. Namun, sebelumnya Saleh sudah jadi presiden pada tahun 1978, tetapi hanya untuk Yaman Utara saja.

Selama dua dekade, perekonomian Yaman memang baik-baik saja, namun lama-kelamaan perekonomian Yaman mulai terpuruk setelah Saleh secara terang-terangan melakukan korupsi dan tidak mau mengembangkan sumber pemasukan selain minyak.

Baca Juga: Foto-Foto Presiden AS Ketika Masih Muda

Pada tahun 2011, rakyat Yaman melakukan unjuk rasa besar-besaran untuk menuntuk Saleh turun dari kursi jabatannya sebagai presiden. Bahkan, Saleh yang berasal dari etnis Hashed dikucilkan oleh keluarganya sendiri. Sebelumnya, Saleh pernah terbang ke Arab Saudi sebelum akhirnya ia kembali ke Yaman dan memilih untuk mengundurkan diri pada tahun 2012. Dia tewas dibunuh pada 4 Desember 2017 lalu.

2. Presiden Zimbabwe Robert Mugabe – 30 tahun

Ini Dia 5 Presiden dengan Masa Jabatan Paling Lama
Foto: Tribunnews

Robert Mugabe adalah tokoh politik Partai Persatuan Nasional Zimbabwe (ZANU) yang membebaskan negaranya dari penjajahan kulit putih pada tahun 1980. Sejak saat itu, ia tampil sebagai kepala pemerintahan Zimbabwe. Dia mulai menjabat jadi Presiden Zimbabwe pada 31 Desember 1987 hingga sekarang.

Lima tahun yang lalu, Mugabe secara terang-terangan mencurangi pesaingnya di pemilu, Morgan Tsvangira. Dia juga meminta pemerintah untuk dibagi supaya dirinya tidak menggerakan pendukungnya yang bisa memicu perang saudara.

Dia berhasil memenangkan pemilu untuk ketujuh kalinya secara berturut-turut. Dia berkuasa dari 31 Desember 1987 sampai 21 November 2017.

loading...
Loading...
Loading...