Lists

Mulai Langka, 5 Makanan Khas Indonesia Ini Terancam Punah

Mulai Langka, 5 Makanan Khas Indonesia Ini Terancam Punah

Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan kuliner. Baik makanan ringan maupun makanan berat, kuliner Indonesia yang beragam menjadi salah satu hal yang paling dicari oleh wisatawan. Kamu mungkin punya satu atau lebih menu makanan Indonesia favoritmu.

Beberapa makanan khas Indonesia kini terus dikembangkan agar rasanya sesuai dengan lidah masyarakat di zaman ini. Padahal, rasa yang orisinil adalah yang terbaik. Mungkin karena cara memasak yang masih tradisional dan waktu memasak yang cukup lama menjadikan beberapa kuliner khas Indonesia ini mulai dilupakan.

Seperti beberapa makanan yang akan dibahas dalam artikel ini. Makanan-makanan khas Indonesia terancam punah karena sudah langka ditemukan dan sudah jarang orang yang membuatnya. Makanan apa sajakah itu?

1. Kidu

Mulai Langka, 5 Makanan Khas Indonesia Ini Terancam Punah

Foto: kaskus.id

Makanan khas suku Karo, Sumatera Utara ini tergolong makanan Indonesia yang ekstrim. Kidu terbuat dari ulat pohon enau yang sudah membusuk. Olahannya beragam. Ada yang dimakan langsung mentah-mentah, namun ada juga yang memasaknya dengan bumbu khas suku Karo.

Baca Juga: 4 Kuliner Indonesia Paling Ekstrim dan Menjijikan, Berani Coba?

Makanan Indonesia satu ini kini sudah sulit ditemukan. Selain bahan-bahannya yang semakin jarang, mengolah kidu juga tidak bisa sembarangan. Karena jika tidak dimasak dengan benar, kidu bisa menyebabkan gangguan pencernaan.

2. Gulo Puan

Mulai Langka, 5 Makanan Khas Indonesia Ini Terancam Punah

Foto: ringkaskata.com

Gulo puan adalah makanan asal Palembang. Makanan ini sering disebut sebagai kejunya orang Palembang. Gulo puan terbuat dari campuran gula pasir dan susu kerbau.

Kini gulo puan sulit ditemukan karena sudah jarang ditemukan susu kerbau. Selain itu, proses mengolah makanan Indonesia satu ini membutuhkan waktu sampai empat jam.

3. Sayur Babanci

Mulai Langka, 5 Makanan Khas Indonesia Ini Terancam Punah

Foto: lifestyle.okezone.com

Makanan Indonesia yang kaya akan rempah ini berasal dari Betawi. Sayur babanci biasanya diadakan saat ada pesta besar. Di dalam sayur babanci ada bahan-bahan seperti daging sapi, kelapa muda, petai yang disiram kuah asam peda bersantan.

Bahan-bahan untuk membuat sayur ini kini semakin jarang ditemukan. Hal ini membuat sayur babanci perlahan dilupakan.

Baca Juga: Daftar 7 Makanan Khas Indonesia yang Mendunia

4. Sate Blengong

Mulai Langka, 5 Makanan Khas Indonesia Ini Terancam Punah

Foto: life.108jakarta.com

Sate adalah makanan Indonesia yang digemari masyarakat. Tapi, pernahkah kamu mencoba sate blengong? Sate blengong terbuat dari daging entok. Entok merupakan unggas sejenis bebek namun dagingnya lebih empuk. Selain sate, daging hewan ini juga bisa dimasak dengan kuah santan dan disajikan dengan ketupat.

Jika kamu penasaran dengan makanan Indonesia satu ini, kamu bisa mencobanya di Brebes karena sate blengong merupakan salah satu kuliner khas Brebes.

5. Wedang Tahu

Mulai Langka, 5 Makanan Khas Indonesia Ini Terancam Punah

Foto: bisnisukm.com

Jika kamu biasa mengonsumsi tahu dengan cara digoreng atau dikukus, kamu harus mencoba kuliner dari tahu yang unik satu ini. Di Semarang, tahu bisa diolah menjadi makanan penutup yang disebut wedang tahu.

Proses membuatnya tergolong mudah. Sari kedelai direbus hingga menyerupai bubur. Kemudian bubur ini disajikan dengan wedang jahe.

Kini wedang tahu cukup sulit ditemukan karena sepi peminat. Padahal wedang tahu merupakan manfaat yang memiliki manfaat untuk tubuh.

To Top