in

Kenali Tanda-Tanda Penyakit dari Warna Air Seni

Kenali Tanda-Tanda Penyakit dari Warna Air Seni

Elemen yang terpenting di dalam tubuh manusia adalah air. Air merupakan sarana transportasi di dalam tubuh untuk mengirimkan zat-zat gizi ke semua sel. Air juga penting untuk pencernaan, untuk menyerap, asimilasi, dan ekskresi.

Oleh karena itu kebutuhan air bagi tubuh manusia menjadi hal utama dalam keberlangsungan hidup manusia. Tubuh kita punya kemampuan untuk mengatur keseimbangan cairan. Tubuh kita juga selalu mengatur banyaknya air yang harus keluar untuk menciptakan keseimbangan ini. Cara mengeluarkan sebagian cairan pada tubuh kita salah satunya dari air seni.

Namun apakah kalian sering memperhatikan air seni yang terkadang berubah-rubah warna? Berbagai macam penyakit bisa teridentifikasi melalui warna air seni, maka dari itu kenali warna air seni kamu.

Baca Juga: Kenapa Tubuh Suka Gemetar Saat Kencing? Ini Penjelasannya

1. Berwarna Bening

Ini tandanya kamu terlalu banyak sekali minum air. Hal ini dapat menyebabkan ginjalmu berat dan akan menciptakan ketidakseimbangan kimia dalam tubuh.

2. Berwarna Kuning Cerah

Jika ini warna urinemu, Selamat kamu bisa dianugerahi penghargaan urine yang sehat. Urine berwarna kuning cerah ini berarti kamu sehat dan terhidrasi dengan cukup.

3. Berwarna seperti madu

ini bisa menjadi tanda dehidrasi dan segeralah minum air mineral yang cukup. Namun bila kamu sudah cukup banyak minum air, namun warna urine tidak berubah sebaiknya langsung ke dokter sebab bisa menjadi tanda masalah pada hati dan ginjal.

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini Risiko Bagi Tubuh Jika Suka Menahan Kencing!

4. Berwarna Jingga atau Oranye

Ini bisa jadi kamu sangat-sangat dehidrasi. Namun bila kamu sudah cukup banyak minum air, namun warna urine tidak berubah dan bagian putih mata terlihat agak menguning sebaiknya langsung ke dokter sebab bisa menjadi tanda masalah pada empedu dan hati kamu tidak berfungsi dengan baik.

5. Berwarna Pink Kemerahan

Jika kamu makan bit, blackberry, naga atau rhubarb, maka tidak perlu khawatir karena beberapa senyawa makanan ini dapat menyebabkan urin berwarna merah dan biasanya hanya berlangsung sehari.

Namun bisa jadi ada darah dalam urinemu, jika kamu melihat gumpalan darah atau jaringan lain dalam urin, segera temui dokter! darah dalam urin dapat menjadi tanda dari infeksi saluran kemih, penyakit ginjal, tumor kanker atau batu ginjal.

Asupan cairan yang baik adalah melalui air putih, bukan melalui minuman kemasan. Minuman kemasan dapat menyebabkan kelebihan gula pada tubuh dan adanya bahan pewarna juga pengawet pada minuman kemasan yang merupakan zat asing yang harus dibuang dari tubuh. Hal ini akan berpengaruh pada fungsi hati dan ginjal untuk menawarkan racun lebih keras.

Air yang baik untuk dikonsumsi adalah air yang tidak berwarna, tidak berbau, tidak berasa, tidak mengandung logam berat dan zat berbahaya, serta tidak mengandung bakteri atau parasit. Maka dari itu, marilah kita penuhi kebutuhan air sehari-hari bagi tubuh agar kesehatan fisik dan mental kita tetap terjaga.

Loading...
Loading...