in

Inilah 5 Gaji Presiden Terbesar Di Dunia, Ada yang Ratusan Miliar Per Bulan

Gaji presiden terbesar di dunia

Dalam debat kelima Pilpres 2019, pasangan capres cawapres Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno berjanji tidak akan mengambil sepeserpun gaji mereka sebagai presiden jika terpilih nanti. Memang berapa sih gaji presiden Indonesia?

Gaji presiden Indonesia dibagi menjadi dua, yakni gaji pokok sebesar Rp 30.240.000 dan tunjangan sebesar 32.500.000. Jika ditotalkan, presiden di Indonesia digaji Rp 62,740.000 dalam sebulan.

Namun gaji presiden Indonesia belum ada apa-apanya jika dibandingkan dengan gaji presiden lainnya di berbagai belahan dunia. Percaya atau tidak, seorang pemimpin negara ada yang digajih ratusan miliar per bulannya. Penasaran?

Berikut 5 gaji presiden terbesar di dunia, yang dihimpun informasinya oleh Wow Menariknya dari berbagai sumber.

Baca Juga: 5 Presiden Ini Memilih Hidup Sederhana Demi Kesejahteraan Rakyatnya 

1. Ratu Elizabeth II – Kerajaan Inggris (Rp 132 miliar)

Gaji presiden terbesar
Foto: analisadaily.com

Ratu Elizabeth II jadi pemimpin negara dengan gaji terbesar di dunia. Ia digaji $107 juta atau sekitar 1,5 triliun per tahun. Itu artinya dalam perbulan, Ratu Elizabeth digaji sekitar Rp 132 miliar. Wah fantastis yah jumlahnya!

2. Raja Philippe – Belgia (17 miliar)

Gaji presiden terbesar di dunia
Foto: jakartadomino.com

Raja Philippe sudah berkuasa sejak tahun 2013 setelah ayahnya turun tahta. Sebagai salah negara monarki di Eropa, Belgia memberikan gaji yang sangat besar untuk rajanya, yaitu sebesar $14,4 juta per tahun atau sekitar Rp 17 miliar per bulan.

3. Ratu Margrethe II – Denmark (Rp 15,8 miliar)

Gaji presiden terbesar di dunia
Foto: medcom.id

Margrethe Alexandrine adalah Ratu Denmark yang sudah berkuasa sejak tahun 1972 sampai sekarang. Sekarang Ratu Margrethe II sudah berusia 72 tahun. Meskipun sudah tua, beliau digaji $13,5 juta (Rp 190,2 miliar) per tahun atau sekitar Rp 15,8 miliar per tahun.

Baca Juga: Ini Dia 5 Presiden dengan Masa Jabatan Terlama

4. Kaisar Akihito – Jepang (Rp 3,5 miliar)

Gaji presiden terbesar di dunia
Foto: id.post.info

Kaisar Jepang yang ke-125, Kaisar Akihito, memiliki gaji sekitar $3 juta (Rp 42,2 miliar) per tahun. Itu artinya, dalam sebulan Kaisar Akihito digaji Rp 3,5 miliar. Namun kabarnya, ia berencana turun tahta di tahun ini.

5. Raja Willem Alexander  – Belanda (Rp 1,3 miliar)

Gaji presiden terbesar di dunia
Foto: koninklijkhuis.nl

Raja Willem Alexander adalah penguasa Kerajaan Belanda. Sebagai raja, ia memperoleh gaji sekitar $1 juta atau Rp 13 miliar per tahun. Dalam sebulan Raja Willem memperoleh gaji sebesar Rp 1,3 miliar.

Nah itulah daftar gaji presiden terbesar di dunia. Jauh berbeda yah dengan gaji presiden Indonesia? Wajar saja karena negara yang mereka pimpin memiliki pendapatan bruto terbesar di dunia.

Loading...
Loading...