Lists

Inilah 3 Negara yang Gratiskan Biaya Kuliah

Inilah 3 Negara yang Gratiskan Biaya Kuliah

Tidak semua orang biasa melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan. Bukan karena masalah otak, tapi intinya karena masalah biaya. Terutama di Indonesia, biaya kuliah relatif sangat mahal, baik itu universitas negeri atau swasta.

Namun berbeda dengan negara-negara ini yang menggratiskan seluruh biaya kuliah. Negara-negara ini tidak melakukan komersialisasi di dunia pendidikan. Mereka justru memanfaatkan pendidikan untuk meningkatkan perekonomian.

Oleh karena itu pemerintah negara-negara ini menggratiskan biaya kuliah. Kira-kira negara mana sajakah itu? Berikut dikutip Wow Menariknya 3 negara yang menggratiskan biaya kuliah.

1. Jerman

Inilah 3 Negara yang Gratiskan Biaya Kuliah

Foto: artconnect.com

Pemerintah Jerman memberikan akses pendidikan gratis bagi yang melanjutkan ke jenjang kuliah dan melarang setiap kampusnya melakukan komersialisasi pendidikan tinggkat perguruan tinggi.

Baca Juga: 5 Pekerjaan yang Bisa Dilakukan Sambil Kuliah, Hasilnya Lumayan Lho!

Kebijakan ini dibuat untuk meningkatkan sumber daya manusia dan meningkatkan perekonomian. Dengan digratiskannya biaya kuliah, Jerman mengalami perkembangan ekonomi yang cepat dan sosial berkat imigrasi.

2. Norwegia

Inilah 3 Negara yang Gratiskan Biaya Kuliah

Fot: nbcnews.com

Norwegia dikenal sebagai negara paling aman dan paling damai di dunia. Selain itu, Norwegia juga menyandang gelar sebagai salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia.

Pemerintah Norwegia memberikan biaya pendidikan gratis bagi seluruh mahasiswa. Kebijakan ini berlaku bagi jenjang S1, S1 hingga S3. Dalam kata lain, mahasiswa di sana tidak perlu bayar kuliah jika ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S1, atau bahkan sampai S3.

3. Brazil

Inilah 3 Negara yang Gratiskan Biaya Kuliah

Foto: nordangliaeducation.com

Pemerintah Brazil memang tidak menggratiskan seluruh biaya kuliah. Tapi ada banyak universitas negeri atau disebut Universitas Federal yang menggratiskan biaya kuliah bagai para mahasiswanya.

Pelajar cukup membayar biaya masuknya saja, sisanya seluruh biaya pendidikan sampai lulus nanti akan ditanggung negara. Untuk mahasiswa yang berprestasi tentu ada bonus tambahan seperti fasilitas.

To Top