in

Hati-Hati, Tiga Tanaman Mematikan ini Ada di Sekitar Kita

Hati-Hati, Tiga Tanaman Mematikan ini Ada di Sekitar Kita
Foto: aryanto.id

Tanaman menjadi penyeimbang ekosistem dan manfaatnya sudah tidak diragukan lagi. Selain bisa menjadi penyedia udara segar, tanaman menjadi objek yang bisa mempercantik lingkungan serta menajdi sumber pangan. Namun ternyata ada juga tanaman-tanaman yang membahayakan makhluk hidup lain

Berikut ini adalah tiga tanaman membahayakan yang ternyata ada di sekitar kita. Apa saja?

1. Kecubung

Percaya atau tidak, tanaman berbunga cantik ini ternyata sangat berbahaya. Hal ini dikarenakan kecubung mengandung senyawa Alkaloid Tropane yang bisa membahayakan nyawa seseorang jika tertelan. Meski indah, ternyata tanaman satu ini masuk dalam daftar tanaman yang dilarang untuk diperjual belikan di beberapa negara.

Baca Juga: 5 Tanaman Buah yang Bisa Ditanam Dalam Pot, Berikut Caranya

Meski berbahaya, kita terkadang melihat tanaman tersebut dijadikan tanaman hias di Indonesia. Julukan lain dari tanaman satu ini adalah terompet iblis yang memang jika kita perhatikan bentuk bunganya sedikit mirip dengan terompet. Kata iblis bisa jadi diambil dari kandungan racun di dalamnya.

2. Singkong Karet

Manihot Glaziovii alias singkong karet menjadi tanaman selanjutnya yang masuk daftar tanaman yang mematikan. Singkong karet mengandung racun sianida yang jalas tidak boleh dikonsumsi oleh manusia.

Padahal, singkong merupakan salah satu makanan yang cukup diminati masyarakat Indonesia. Untuk itu berhati-hatilah saat menemukan tanaman singkong, siapa tahu singkong tersebut adalah singkong beracun. Namun ada beberapa daerah di Indonesia yang mampu mengolah singkong karet menjadi kudapan lezat tapi dengan pengolahan yang tentu khusus.

Baca Juga: Inilah Taman Paling Beracun Di Dunia, Ditumbuhi 100 Tanaman Mematikan

3. Biji Jarak

Mungkin di antara kamu ada yang pernah menemukan obat tradisional yang terbuat dari jarak. Sebagai informasi, obat tradisional tersebut terbuat dari daun pohon jarak bukan bijinya. Kenapa? Karena biji jarak ternyata mengandung protein beracun. Jenis protein beracun yang terkandung pun berbeda, seperti biji jarak dari tanaman jarak pagar mengandung curcin, sedangkan biji jarak dari jarak kepyar mengandung protein ricin.

Protein beracun yang terdapat dalam biji jarak ternyata sangat membahayakan tubuh. Seseorang yang mengkonsumsi biji jarak bisa mengalami iritasi saluran penceraan yang menyerang lambung, pendarahan bahkan hingga gagal ginjal.