in

8 Fenomena Laut Paling Menakjubkan, Tiga Sudah Ada Dalam Al-Quran

3. Pasang Merah

Fenomena laut menakjubkan

Fenomena menakjubkan selanjutnya yaitu pasang merah atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan ‘red tide’. Fenomena pasang merah disebabkan oleh beberapa spesies ganggang sehingga air di bagian pesisir terlihat berwarna merah.

loading...

Dibalik keindahannya, pasang merah ternyata dikaitkan dengan produksi racun alami. Efek yang paling mencolok yaitu menyebabkan kematian beberapa hewan yang terkena pasang merah. Pasang merah pernah terjadi di lepas pantai La Jolla San Diego, California.

4. Brinicle

Fenomena laut menakjubkan

Sebuah brinicle atau air garam es membentuk es bawah laut ketika aliran air sangat dingin. Fenomena aneh ini terjadi ketika air yang kaya akan garam bocor dari es laut, kemudian tenggelam ke dalam laut dan membentuk jenis es yang unik.

Brinicle biasanya terjadi di perairan laut yang bersuhu dingin seperti di kutub Utara dan Selatan. Fenomena ini juga bisa sangat berbahaya untuk makhluk yang hidup di dalam laut.

5. Bunga Es

Fenomena laut menakjubkan

Jika disentuh bunga es sangat halus dan terlihat sangat indah. Fenomena bunga es biasanya kerap ditemukan di perairan laut dingin. Bunga es biasanya terbentuk ketika kondisi cuaca sangat dingin, ketika angin bertiup sangat sedikit.

Dinamakan bunga karena sangat mirip seperti bunga, tapi sudah membeku. Mereka dapat tumbuh dengan diameter yang mencapai 4 cm.

loading...
Loading...
Loading...