in

Dikira dari Luar Negeri, 6 Produk Bermerek Ini Sebenarnya Asli Indonesia

foto: opensnap.com.cn/franchiseglobal.com

Banyak masyarakat yang masih menganggap kalau Indonesia hanya bisa mengimpor dan belum mampu untuk menciptakan produk-produk bermerek. Masyarakat masih menganggap bahwa kebanyakan produk terkenal berasal dari luar negeri.

Padahal sebenarnya ada banyak produk bermerek asli buatan anak bangsa. Hanya saja masyarakat menganggap produk-produk tersebut buatan orang luar negeri.

Berikut ini ada beberapa produk bermerek yang dikira dari luar negeri padahal sebenarnya asli Indonesia.

loading...

1. Hoka-Hoka Bento

foto: dicapriadi.com

Hoka-Hoka Bento (HokBen) pertama kali didirikan pada tahun 1985 di Kebun Kacang, Jakarta Pusat. Karena menu di HokBen mirip makanan Jepang, banyak yang mengira kalau restoran cepat saji ini berasal dari Jepang. Padahal HokBen sebenarnya milik perusahaan asli Indonesia, yakni PT Eka Bogainti yang berkantor pusat di Jakarta.

Baca Juga: 5 Alat Musik Buatan Indonesia Yang Mendunia

2. J.CO Donuts

foto: fadillridho.blogspot.com

Restoran dan waralaba yang terkenal dengan donat lezatnya juga merupakan produk lokal. J.CO Donuts yang didirikan pada tahun 2005 merupakan milik orang Indonesia asli, yaitu Johny Andrean. Selain di Indonesia, J.CO juga ada di Tiongkok, Malaysia, Singapura dan negara Asia lainnya.

3. Polytron

foto: indoinspector.blogspot.com

Siapa bilang kalau Polytron berasal dari Jepang, justru perusahaan elektronik ini asli dari Indonesia. Polytron didirikan pada 1975 di Kudus, Jawa Tengah dengan nama PT Indonesian Electronic & Engineering. Perusahaan ini sukses membuktikan bahwa produk elektronik dalam negeri tak kalah dengan produk elektronik luar negeri..

4. CFC

foto: money.id

Jika Amerika Serikat punya Kentucky Fried Chicken (KFC), maka Indonesia punya California Friend Chicken (CFC). Karena namanya, banyak yang mengira kalau CFC sama-sama berasal dari Amerika Serikat, padahal CFC merupakan restoran cepat saji pertama di Indonesia. CFC didirikan pada tahun 1983 di Jakarta oleh PT Pioneerindo Gourmet International Tbk.

5. Eiger

foto: malbekasi.com

Perusahaan yang memproduksi pakaian dan peralatan khusus rekreasi alam ini sebenarnya didirikan di Indonesia. Eiger didirikan oleh Ronny Lukito pada tahun 1990-an. Toko Eiger pertama dibuka pada tahun 1994 di Cihampelas, Bandung.

6. Silverqueen

Siapa sih yang belum pernah mencicipi cokelat lezat ini? Tapi tahu tidak kalau Silverqueen sebenarnya produk asli Indonesia?  Pabrik silverqueen pertama kali didirikan di Garut dan kemudian di Bandung. Silverqueen sendiri sudah didirikan sejak tahun 1956.

loading...
loading...
Loading...
Loading...