in

Beda dengan Indonesia, 6 Negara Ini Tidak Memiliki Utang

Tidak ada negara yang tidak memiliki utang. Sebab untuk memenuhi kebutuhan suatu negara, diperlukan bantuan dari pihak luar. Salah satunya dengan meminjam uang untuk mengembangkan infrastruktur dan perekonomian dalam negeri.

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki utang luar negeri yang sangat besar. Menurut data baru Bank Indonesia, utang luar negeri Indonesia per Juli 2018 mencapai 358 dolar AS atau sekitar Rp 5.191 triliun (kurs 1 dolar = 14.500). Tak hanya Indonesia, negara-negara adidaya seperti Amerika Serikat dan China juga memiliki utang yang jauh lebih besar lagi.

Meskipun hampir semua negara memiliki utang, tapi ada beberapa negara yang memiliki utang luar negeri yang sangat sedikit dan bahkan ada yang tidak memiliki utang sepeser pun. Negara mana sajakah itu? Berikut informasinya yang dihimpun dari berbagai sumber.

loading...

1. Anguilla

Foto: Telegraph

Anguila merupakan sebuah wilayah yang terletak di seberang laut Britania Raya di kawasan Karibia. Wilayah ini terdiri dari 5 pulau, di mana The Valley sebagai ibu kotanya. Sumber pendapatan utama Anguilla adalah perikanan dan pariwisata. Dengan hanya mengandalkan dua sektor tersebut, Anguilla sama sekali tidak memiliki utang luar negeri.

Baca Juga: Ini Utang Pemerintah Indonesia, Bill Gates pun Tak Akan Mampu Membayarnya

2. Liechtenstein

 

Terletak di perbatasan Swiss dan Austria, Liechtenstein merupakan sebuah negara yang hanya memiliki luas 160 kilometer persegi. Negara ini terkenal dengan jasa perbankannya dan juga mengandalkan pendapatan dari sektor pariwisata.

Negara ini memiliki tingkat pengangguran terendah kedua di dunia. Selain itu, Liechtenstein juga memiliki GDP per orang mencapai 95 ribu dolar AS. Tak heran jika negara ini memiliki sedikit utang.

3. Makau

Foto: Wikipedia

Negara yang terletak di wilayah pesisir selatan Republik Rakyat Tiongkok, tetangga Hong Kong, disebut-sebut tidak memiliki utang sepeser pun. Dengan populasi 557.627 jiwa, Makau memiliki penghasilan 40 miliar dolar AS pada tahun 2013, menurut data Economist Intelligence Unit (ENU). Wajar saja demikian, Makau dikenal sebagai surga bagi para penjudi di Asia. Jadi banyak orang di seluruh Asia yang datang ke negara ini hanya untuk berjudi. Tentu saja kedatangan mereka jadi sumber pendapatan bagi Makau.

4. Kepulauan Virgin Inggris

Foto: Nocheckedbags

Selain Anguilla, wilayah Britania Raya lainnya yang tak kalah kaya adalah Kepulauan Virgin Inggris atau lebih dikenal sebagai British Virgin Islands. Terletak di kawasan Karibia, sebelah timur Jamaika, negara ini merupakan yang terkaya di Kepulauan Karibia. Selain itu, negara ini juga tidak memungut pajak dan orang asing tak perlu visa untuk datang ke sini. Banyak sekali perusahaan-perusahaan didirikan di negara ini, sehingga membuatnya jadi negara yang sangat produktif.

Baca Juga: Buat Bayar Utang Indonesia, 5 Orang Terkaya Di Dunia Ini Bisa Bangkrut

5. Niue

Foto: Spasifik Magazine

Negara kepulauan di Samudera Pasifik Selatan ini hanya memiliki penduduk kurang lebih 2.000 orang. Niue mendapat pinjaman dari Selandia Baru sebesar 14 juta dolar AS untuk menangani urusan luar negeri dan pertahanan. Menurut Perdana Menteri Toke Talagi, Niue sudah lunasi utang 4 juta dolar AS dan tidak memiliki niat untuk meminjam uang lagi.

6. Palau

Foto: Yukepo

Sedikitnya jumlah penduduk memang bisa menguntungkan sebuah negara. Selain Niue, Palau sebagai negara kepulauan juga tidak memiliki utang sama sekali, mengingat jumlah populasinya hanya 21 ribu orang. Terdiri dari 300 pulau, negara ini menyimpan banyak pantai yang indah. Tak heran jika wisatawan asing berbondong-bondong datang ke negara ini, terutama untuk snorkeling.

loading...
loading...
Loading...
Loading...