in

9 Istri-Istri Presiden Soekarno, Cantik-Cantik!

9 Istri-Istri Presiden Soekarno, Cantik-Cantik! 1

Presiden pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno dikenal memiliki banyak istri. Tak tanggung-tanggung, Bung Karno memiliki sembilan istri yang cantik-cantik, meskipun sebagian ada yang dirahasiakan.

Siapa saja wanita-wanita yang pernah dinikahi Bung Karno? Berikut istri-istri Presiden Soekarno yang cantik-cantik seperti dilansir Wow Menariknya dari akun Jevuska .

1. Siti Oetari (1921-1923)

9 Istri-Istri Presiden Soekarno, Cantik-Cantik! 2

Siti Oetari merupakan putri sulung H.O.S Tjokroaminoto. Saat itu Soekarno merupakan salah satu penghuni kos di rumah Tjokroaminoto di Surabaya.

Otomatis Bung Karno sering bertemu dengan Siti Oetari dan kemudian benih-benih cinta mulai tumbuh di antara mereka berdua. Mengetahui Bung Karno memiliki hubungan dengan putrinya, Tjokroaminoto pun kemudian menikahkan mereka.

2. Inggit Garnasih (1923-1943)

9 Istri-Istri Presiden Soekarno, Cantik-Cantik! 3

Setelah lulus dari HBS di Surabaya, Bung Karno melanjutkan pendidikan di Technische Hooge School (THS) Bandung. Pertemuan Soekarno dan Inggit bermula dari hubungan antar anak kos.

Lama kelamaan Soekarno menaruh hati pada Inggit, begitu pula sebaliknya. Kedekatan mereka diperparah dengan renggangnya hubungan Soekarno dan Oetari istrinya.

Baca Juga: 10 Foto Bersejarah Bangsa Indonesia yang Sangat Langka

3. Fatmawati (1943-1956)

9 Istri-Istri Presiden Soekarno, Cantik-Cantik! 4

Ibu negara pertama Republik Indonesia, Fatmawati pertama kali bertemu dengan Soekarno di Bengkulu. Ketika itu Soekarno dan Inggit pergi ke Bengkulu dan kemudian sang proklamator bertemu dengan Fatmawati, puteri seorang tokoh Muhammadiyah.

Tanggal 1 Juni 1943, Soekarno dan Fatmwati menikah. Soekarno ketika itu baru berusia 42 tahun dan Fatmawati baru berusia 20 tahun. Seperti yang kita ketahui, Fatmawati adalah orang pertama yang menjahit bendera pusaka merah putih.

4. Hartini (1952-1970)

9 Istri-Istri Presiden Soekarno, Cantik-Cantik! 5

Ketika dipinang Bung Karno, Hartini sudah berstatus sebagai janda lima anak. Hartini yang berusia 29 tahun mendapat banyak kritik dari para aktivis mengingat mereka lebih membela Fatmawati.

Dari Soekarno, Hartini melahirkan dua anak, yakni Taufan Soekarnoputra dan Bayu Soekarnoputra.

5. Kartini Manoppo (1959-1968)

9 Istri-Istri Presiden Soekarno, Cantik-Cantik! 6

Kartini Manoppo adalah seorang pramugari Garuda Indonesia. Dia pertama kali bertemu Soekarno ketika sedang melihat lukisan karya Basuki Abdullah. Sejak saat itu, Bung Karno mulai dekat dengan wanita kelahiran Bolaang Mongondow, Sulawesi itu.

Pernikahan keduanya ditutup rapat-rapat dari publik. Dari pernikahan tersebut, mereka dikaruniai seorang anak laki-laki yang mereka beri nama Totok Suryawan Soekarno yang lahir pada tahun 1967.

6. Ratna Sari Dewi (1962-1970)

9 Istri-Istri Presiden Soekarno, Cantik-Cantik! 7

Istri cantik Bung Karno selanjutnya adalah Ratna Sari Dewi. Lahir dengan nama Naoko Nemoto di Tokyo, Jepang, 6 Februari 1940, Dewi dinikahi Soekarno ketika berusia 19 tahun, sementara Soekarno sendiri sudah berusia 57 tahun.

Sebelum menikah, Dewi  adalah seorang pelajar yang cerdas sekaligus seorang entertainer. Wajar saja Dewi bisa disebut istri Soekarno yang paling cantik.

Baca Juga: Foto-Foto Langka Presiden Soeharto Yang Tidak Dipublikasikan

7. Haryati (1963-1966)

9 Istri-Istri Presiden Soekarno, Cantik-Cantik! 8

Pernikahan Soekarno dengan Haryati berlangsung pada 21 Mei 1963. Namun pernikahan mereka hanya berlangsung selama 2 tahun saja. Soekarno menceraikan Haryati dengan alasan sudah tidak cocok lagi. Ketika itu pula, Soekarno sedang dekat dengan Ratna Sari Dewi.

Haryati adalah seorang penari istana sekaligus staf Sekretaris Negara Bidang Kesenian. Karena profesinya itu, Haryati jadi lebih dekat dengan Bung Karno.

8. Yurike Sanger (1964-1968)

9 Istri-Istri Presiden Soekarno, Cantik-Cantik! 9

Yurike yang masih duduk di bangku SMA mulai didekati Soekarno dengan cara dikirim surat dan hadiah. Kemudian hati Yurike terpikat dan keduanya menikah pada tahun 1964.

Posisi Soekarno sebagai presiden membuat kehidupan Yurike berubah. Karena waktu itu Bung Karno menjadi tahanan rumah di Wisma Yoso, dia menyarankan Yurike agar menceraikannya. Akhirnya Yurike terpaksa menceraikan Bung Karno meski mereka masih saling mencintai.

9. Heldy Djafar

9 Istri-Istri Presiden Soekarno, Cantik-Cantik! 10

Gadis kelahiran Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur ini masih berusia 18 tahun ketika dinikahi Soekarno yang sudah berusia 65 tahun. Heldy Djafar jadi istri kesembilan sekaligus istri terakhir Soekarno.

Pernikahan keduanya hanya mampu bertahan selama dua tahun. Kondisi politik Indonesia yang kala itu sedang tidak baik membuat Heldy ingin cerai dari Soekarno. Tetapi Soekarno memilih bertahan.

Pada 19 Juni 1968, Heldy menikah lagi dengan Gusti Suriansyah Noor. Kala itu Heldy yang sedang hamil tua mendapat kabar Soekarno wafat.

Loading...
Loading...