Lists

7 Macam Teman, Hanya Satu yang Berkumpul Lagi di Akhirat

7 Macam Teman, Hanya Satu yang Berkumpul Lagi di Akhirat

Kalian punya berapa banyak teman, ratusan, seribu, dua ribu, tiga ribu atau lebih dari itu? Jika kalian punya banyak teman, sekarang saya tanya, seberapa banyak teman yang benar-benar peduli dan selalu mengingatkanmu pada kebaikan?

Paling dari seribu temanmu, hanya satu atau dua teman saja yang seperti itu atau bahkan tidak ada sama sekali. Bersyukurlah jika kamu punya teman seperti itu karena mereka sangat langka. Jika pun kamu punya teman seperti itu, kamu belum tentu mendengarkannya.

Berikut ini ada beberapa macam teman yang pasti kamu miliki. Dari tujuh macam, hanya satu saja yang akan bersamamu kelak di akhirat nanti.

1. Ta’aruffan

Yaitu teman yang kenal secara kebetulan saat bertemu di tempat umum, seperti di kereta, bus, halte atau masjid. Teman seperti ini kenalnya hanya sesaat dan jarang bertemu lagi setelah itu.

Baca Juga: 10 Nasehat Sahabat Nabi yang Wajib Kita Renungkan

2. Taariiihan

Ini adalah teman yang ada karena faktor sejarah, seperti teman sekos, sekampng atau sealamamater. Kondisi mempertemukan kamu dengan mereka hingga akhirnya jadi sahabat dekat.

3. Ahammiyyatan

Teman yang satu ini tercipta karena kepentingan pribadi Anda, seperti teman bisnis atau teman politik. Kamu berteman dengan mereka semata-mata hanya untuk kepentingan pribadi saja.

4. Faarihan

Yaitu teman yang kebetulan punya hobi yang sama, seperti teman main game, teman olahraga, traveling, kuliner dan sebagainya. Kamu bisa akrab sama mereka karena kebetulan punya hobi yang sama.

5. Amalan

Ini adalah teman sepekerjaanmu, seperti teman kantor, dokter, guru dan sebagainya. Mereka adalah teman-temanmu di lapangan kerja, tapi kurang dekat kalau di luar pekerjaan.

6. Aduwwan

Teman seperti ini kelihatannya baik, padahal dia penuh kebencian. Kalau berlama-lama berteman sama mereka, kamu bisa celaka nantinya.

7. Hubban

Ada teman yang selalu mengajakmu pada kebaikan, mengingatkanmu akan pentingnya ibadah dan selalu menolongmu ketika susah. Teman seperti inilah yang akan bersamamu kelak di akhirat nanti jika sama-sama berjalan di jalan Allah.

To Top