in

7 Macam Bentuk Garam yang Jarang Diketahui, Tak Hanya Putih Saja

7 Macam Bentuk Garam yang Jarang Diketahui, Tak Hanya Putih Saja 1

Garam merupakan bumbu dapur paling penting yang hampir digunakan di setiap masakan. Tanpa garam, sebuah masakan akan memiliki rasa yang hambar dan pastinya tidak akan enak. Itu membuktikan betapa pentingnya garam itu.

Selama ini kita hanya mengenal garam berwarna putih dengan bentuk kotak kecil-kecil. Kita menganggap kalau garam putih merupakan spesies garam satu-satunya di dunia. Tapi asalkan kalian tahu, garam itu memiliki banyak macam bentuk dan rasa yang jarang diketahui banyak orang.

Penasaran? Berikut macam-macam bentuk garam yang pasti belum kalian ketahui. Garam itu tak hanya putih saja lho!

1. Himalayan Pink Salt

7 Macam Bentuk Garam yang Jarang Diketahui, Tak Hanya Putih Saja 2
Foto: cmhairloss.co.uk

Seperti namanya, garam merah muda Himalaya ini memiliki warna pink dengan tekstur kasar. Garam ini cukup populer karena dikenal sebagai garam yang paling sehat. Dibandingkan dengan jenis garam yang lain, garam ini diklaim sebagai garam paling murni di dunia.

Baca Juga: Bangga, Indomie Jadi Makanan Favorit Narapidana di Australia

2. Celtic Sea Salt

7 Macam Bentuk Garam yang Jarang Diketahui, Tak Hanya Putih Saja 3
Foto: floridaoliveoil.com

Garam ini memiliki warna abu-abu, garam ini dipanen dari kolam-kolam di pesisir Prancis yang kaya akan akan mineral dari laut. Garam jenis ini memiliki tekstur lembab dan kasar, garam ini juga memiliki cita rasa asin yang khas bahkan bisa digunakan untuk membuat kue.

3. Kana Namak

7 Macam Bentuk Garam yang Jarang Diketahui, Tak Hanya Putih Saja 4
Foto: hipwee.com

Kana Namak adalah garam hitam dalam bahasa Nepal. Garam ini juga disebut garam Himalaya yang biasanya dikemas dalam toples arang, herbal, biji-bijian dan kayu-kayuan yang kemudian dibakar dalam perapian selama 24 jam, lalu didinginkan.

Karena keunikan dalam proses pembuatannya, garam yang dihasilkanpun memiliki wrana kehitaman dan memiliki rasa yang tajam.

4. Flake Salt

7 Macam Bentuk Garam yang Jarang Diketahui, Tak Hanya Putih Saja 5
Foto: greenvalleyspices.com

Flake salt atau kepingan garam diproses melalui proses evaporasi atau direbus. Garam ini memiliki bentuk tipis dan tidak berarturan.

Garam jenis ini juga memiliki rasa yang begitu pekat, garam ini juga rendah akan kandungan mineral, biasanya garam ini digunakan untuk memasak daging.

Baca Juga: Rendam Kaki dengan Air Garam, Manfaat Menakjubkan Ini Akan Kamu Dapatkan

5. Black Hawaiian Salt

7 Macam Bentuk Garam yang Jarang Diketahui, Tak Hanya Putih Saja 6
Foto: esslingerfoods.com

Black Hawaiian atau garam hitam Hawai merupakan garam yang dipanen di kepulauan vulkanik di Hawai. Sesuai namanya, garam tersebut memiliki warna hitam pekat. Warna hitam tersebut berasal dari tambahan arang aktif atau activated charcoal. Garam dengan tekstur kasar dan renyah ini biasanya digunakan untuk memasak olahan babi dan seafood.

6. Red Hawaiian Salt

7 Macam Bentuk Garam yang Jarang Diketahui, Tak Hanya Putih Saja 7
Foto: spiceography.com

Garam yang satu ini juga berasal dari Hawaii. Sesuai namanya, garam ini memiliki tekstur kasar dan warna kemerahan, kaya akan kandungan zat besi dari volcanic clay alaea. Garam ini digunakan untuk membersihkan alat-alat.

7. Smoked Salt

7 Macam Bentuk Garam yang Jarang Diketahui, Tak Hanya Putih Saja 8
Foto: memphisgrills.com

Garam ini diolah dengan cara diasapi secara perlahan dan membutuhkan waktu kurang lebih selama 2 mingguan di atas perapian kayu sehingga menghasilkan garam berwarna kecoklatan.

Garam ini meghasilkan rasa yang khas sehingga cocok digunakan untuk masakan berbahan dasar daging atau kentang.

Loading...
Loading...