in ,

6 Peristiwa Besar yang Terjadi Karena Mukjizat Nabi

Peristiwa besar karena mukjizat nabi
Mukjizat Nabi (Foto: kaskus.co.id)

Mukjizat adalah kejadian atau perkara luar biasa yang terjadi atas kehendak Allah untuk membuktikan kebenaran risalah yang dibawa para nabi. Pada zaman nabi terdahulu, peristiwa besar di luar akal mansuia sering sekali terjadi untuk membuat para kaum musyrik percaya akan kebenaran Allah.

Seperti yang sudah dihimpun WowMenariknya.com, berikut beberapa peristiwa besar yang terjadi karena mukjizat nabi. Kejadian-kejadian ini tidak akan mungkin bisa dijelaskan oleh akal manusia dan bertentangan dengan hukum fisika. Tapi apaun yang dikehendaki Allah, pasti terjadi.

1. Peristiwa laut terbelah zaman Nabi Musa

Peristiwa besar karena mukjizat nabi
Foto: jewcy.com

Ketika Nabi Musa dan kaumnya melarikan diri dari kejaran tentara Firaun, Allah memberikan mukjizat kepada Nabi Musa untuk membelah Laut Merah. Dengan memukulkan tongkatnya, laut pun terbelah sehingga kaum Nabi Musa bisa melaluinya.

Saat kaumnya berhasil sampai ke tepi pantai, seluruh pasukan Firaun yang berada di tengah laut kemudian ditenggelamkan termasuk Firaun nya sendiri.

Fenomena laut terbelah tidak akan mungkin terjadi jika dilihat dari ilmu sains. Tapi karena kebesaran Allah, peristiwa alam sebesar itu bisa saja terjadi.

Baca Juga: Kisah Asiyah, Istri Firaun Ibu Angkat Nabi Musa yang Dijamin Masuk Surga

2. Nabi Yusya menahan matahari

Peristiwa besar karena mukjizat nabi
Foto: isthatinthebible.wordpress.com

Nabi Yusya adalah murid Nabi Musa yang ikut menyebrang Laut Merah dari kejaran Firaun. Namun beliau tidak masuk dalam daftar 25 Nabi dan Rasul yang wajib diketahui.

Sepeninggalan Nabi Musa dan Nabi Harun, Bani Israil kemudian dipimpin oleh Nabi Yusya. Beliau diberikan tugas memimpin pasukan untuk merebut tanah Kanaan. Tepat pada hari Jumat, ada kejadian besar yang tak mungkin bisa terjadi jika bukan karena kehendak Allah.

Ketika itu pasukannya sedang berperang melawan penduduk Kanaan dan hampir menang. Namun matahari hampir saja terbenam sementara peperangan belum selesai. Menurut ajaran agama Yahudi, orang-orang tidak diperbolehkan berdagang dan berperang pada hari Sabtu.

Saat matahari hampir terbenam, Nabi Yusya berdoa kepada Allah untuk menghentikan perputaran matahari. Allah pun mengabulkan doanya, pada waktu itu matahari tidak terbenam dan hari Jumat memiliki waktu yang lebih panjang sehingga memberi kesempatan kepada Nabi Yusya dan pasukannya untuk memenangkan peperangan.

Pada dasarnya bukan matahari yang tidak terbenam, tapi ketika itu bumi berhenti berputar sejenak sampai pasukan Nabi Yusya merebut Kanaan.

Baca Juga: Kisah Nabi Yusya, Nabi yang Mampu Menahan Matahari

3. Terangnya langit ketika Nabi Muhammad SAW dilahirkan

Peristiwa besar karena mukjizat nabi
Foto: Noor-e-Taban Film

Saat malam dilahirkannya Nabi Muhammad SAW, Allah menampakan tanda-tanda kelahiran Nabi terakhir di langit. Ketika itu kondisi langit sangat terang dan dipenuhi bintang-bintang yang berkilau. Para ahli kitab bahkan mengatakan ada bintang besar bercahaya yang seolah menyinari rumah Nabi Muhammad.

Baca Juga: 6 Mukjizat yang Terjadi Menjelang Kelahiran Nabi Muhammad

4. Nabi Isa menghidupkan orang yang meninggal

Peristiwa besar karena mukjizat nabi
Foto: kisahspiritualtaklekangzaman.wordpress.com

Orang yang meninggal tidak akan mungkin hidup kembali. Tapi pada zaman Nabi Isa, beliau diberikan mukjizat untuk menghidupkan kembali orang yang sudah meninggal, tentunya atas izin Allah.

Karena mukjizat tersebut, umat Yahudi dan bangsa Romawi menganggapnya sebagai anak Tuhan. Kemudian Nabi Isa membenarkan tuduhan tersebut, beliau mengatakan bahwa dirinya adalah utusan-Nya, bukan putra-Nya, dan kelak akan datang Nabi akhir zaman yang akan membantah semua tuduhan tersebut.

5. Kokohnya kapal Nabi Nuh yang mampu bertahan dari banjir besar

Peristiwa besar karena mukjizat nabi
Foto: hafizfansclub.com

Umat Nabi Nuh ditenggelamkan oleh Allah dalam banjir besar yang merendam seluruh daratan di muka bumi. Namun kapal Nabi Nuh yang mengangkut orang-orang beriman mampu bertahan dari terjangan banjir sebesar itu. Padahal kapal Nabi Nuh mungkin tidak secanggih seperti kapal-kapal sekarang.

Bahkan jika dipikirkan dengan ilmu pengetahuan, kapal sebesar apapun yang ada di zaman sekarang tidak akan mampu menahan hantaman banjir besar pada zaman Nabi Nuh. Namun Allah telah menunjukkan kebesaranNya, di mana kapal Nabi Nuh tidak hancur sama sekali.

Baca Juga: 4 Bukti Ilmiah Kalau Banjir Bandang Nabi Nuh Pernah Terjadi

6. Tunduknya api pada Nabi Ibrahim

Peristiwa besar karena mukjizat nabi
Foto: youtube.com

Raja Namrud sangat marah ketika Nabi Ibrahim menghancurkan berhala-berhalanya. Kemudian Nabi Ibrahim dihukum dengan cara dibakar hidup-hidup dalam tumpukan kayu yang sangat tinggi. Api pun menyala sampai sebesar gunung untuk membakar Nabi Ibrahim.

Atas kehendak Allah, api pun diperintahkan untuk tunduk pada Nabi Ibrahim. Bukannya terbakar hangus, Nabi Ibrahim malah menggigil kedinginan ketika api membakarnya.

Loading...
Loading...