in

6 Negara Tanpa Militer yang Hidup Damai dan Tentram

Setiap negara pasti memiliki pasukan militer untuk menjaga keamanan negaranya dari serangan negara lain. Sangat mustahil kedengarannya bila suatu negara tidak memiliki tentara karena mereka akan mudah ditaklukan oleh negara lain.

Meskipun demikian, nyatanya di dunia ini ada beberapa negara yang tidak memiliki pasukan militer sama sekali. Walau tidak ada tentara untuk menjaga keamanan negaranya dari serangan luar, tapi faktanya negara-negara ini bisa hidup damai dan tentram sampai sekarang.

Bila terjadi hal yang tidak diinginkan seperti peperangan, negara-negara ini akan meminta bantuan pada sekutunya. Selain itu, negara-negara tanpa tentara ini juga tetap memiliki pasukan polisi untuk menjaga keamanan dalam negeri.

Berikut kami berhasil menghimpun daftar negara-negara tanpa militer yang bisa hidup damai dan tentram, tanpa ada konflik berkepanjangan atau peperangan.

1. Vatikan

Foto: independensi.com

Sebagai negara terkecil di dunia yang terletak di Roma, Italia, Vatikan jelas tidak memiliki pasukan militer. Alasannya karena negara ini luasnya begitu sempit dan jumlah penduduknya juga sangat sedikit.

Baca Juga: 5 Latihan Militer Yang Tidak Manusiawi

Walau tidak memiliki militer, tapi tidak ada satu negara pun yang berani mengusik kedamaian di Vatikan karena negara ini dilindungi oleh Italia. Akan tetapi Vatikan memiliki satuan khusus yang bertugas sebagai penjaga keamanan saja.

2. Liechtenstein

Foto: rsf.org

Negara kecil yang berada di antara Austria dan Swiss ini juga tidak memiliki kekuatan militer. Negara berbentuk kerajaan ini pernah mengalami perang pada tahun 1800-an yang membuat negara ini mengalami kerugian besar. Alhasil, pemerintah menghapuskan militer di negara ini agar dana yang ada bisa digunakan untuk kepentingan lain.

Bila seandainya terjadi konflik atau peperangan, Liechtenstein akan meminta bantuan dari negara tetangganya.

3. Kosta Rika

Foto: Tirto

Kosta Rika mengalami hal serupa dengan Liechtenstein, dimana negara ini pernah mengalami perang saudara yang memakan kerugian besar. Akibatnya, pemerintah terpaksa menghapus militernya.

Sementara itu, untuk menjaga keamanan negara, Kosta Rika memiliki pasukan khusus yang disebut Fuerza Publica, semacam polisi yang memiliki tugas menjaga ketertiban dalam negara. Jika diserang oleh negara lain, Kosta Rika bisa meminta bantuan pada 21 negara sekutunya, seperti AS dan Kuba.

4. Andorra

Foto: plazandorra.com

Andorra merupakan negara kecil yang terletak di Eropa bagian barat daya. Negara mewah ini terkenal dengan sektor pariwisatanya dan bebas cukai. Tapi percaya tidak, negara ini pernah menyatakan perang pada Jerman hanya dengan membawa 10 personil tentara saja. Tentunya Jerman tidak menanggapi ancaman tersebut.

Andorra memang tidak memiliki pasukan militer. Meskipun demikian negara ini memiliki pasukan khusus untuk menjaga ketertiban dalam negara. Bila ada yang menyerang, Andorra bisa meminta bantuan kepada Spanyol, Perancis dan NATO.

Baca Juga: 8 Potret Caracal, Tentara Wanita Israel yang Cantik Tapi Mematikan

5. Grenada

Foto: luxurylivingmag.com

Negara kepulauan yang terletak di Karibia ini juga tidak memiliki pasukan militer. Ketika AS menginvasi negara ini, pemerintah Grenada terpaksa menghapuskan pasukan militernya. Di sisi lain, negara ini tidak memiliki perjanjian perlindungan dari negara lain.

Bila ada yang menyerang negara ini, tampaknya Grenada akan mudah sekali untuk ditaklukan karena tidak akan ada bentuk perlawanan. Meskipun demikian, seluruh masyarakat di negara ini bisa hidup dengan damai dan tentram.

6. Palau

Foto: bbc.com

Palau merupakan negara kepulauan yang terletak di Samudera Pasifik. Meskipun tidak memiliki tentara, negara ini berada di bawah perlindungan negara adikuasa yaitu Amerika.

Untuk melindungi keamanan negaranya, Palau hanya memiliki satuan polisi. Dan jika ada yang mengancam negara ini, Palau bisa meminta bantuan kepada AS.

Itulah beberapa negara yang tidak memiliki pasukan militer tapi sangat disegani dan bisa hidup damai tanpa ada konflik berkepanjangan.

loading...
Loading...
Loading...