in

6 Fakta Mencengangkan Tentang Ka’bah Menurut Sains

Bisa dibilang kalau Ka’bah adalah tempat yang paling banyak dikunjungi umat Islam di seluruh dunia. Setiap tahunnya, jutaan umat muslim berbondong-bondong datang ke Ka’bah untuk menunaikan ibadah umroh atau haji. Meskipun cuaca di sana sangat panas, orang-orang selalu terlihat bahagia ketika bisa mengelilingi Ka’bah (tawaf).

Meskipun banyak orang sudah tahu banyak tentang Ka’bah dilihat dari sudut pandang Al-Quran dan hadist, kali ini kita akan membahas fakta-fakta mencengangkan tentang Ka’bah menurut sains. Langsung saja, simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga: 9 Foto Menakjubkan Penampakan Dalam Ka’bah

loading...

1. Memiliki gravitasi paling stabil di bumi

Ka’bah merupakan tempat dengan gaya gravitasi paling kuat dan stabil di muka bumi. Sebab Ka’bah merupakan tempat berkumpulnya elektro ion negatif, serta gema dan ruang berkumpul menjadi satu.

2. Merupakan pusat sumbu bumi

Selama ini pusat sumbu bumi berpatokan pada GMT, tapi sebenarnya itu salah. Menurut penelitian, pusat sumbu bumi yang sebenarnya adalah Ka’bah. Dalam penelitian yang ditulis oleh Hussain Kamel itu mengambil beberapa garis bujur dan lintang yang ditarik dari semua benua di dunia. Hasilnya sungguh mencengangkan, pusat sumbu bumi ternyata terletak di Ka’bah, Mekah, Arab Saudi.

3. Tidak ada pesawat yang melewati bagian atas Ka’bah

Jika diperhatikan, tidak ada pesawat dan bahkan burung sekalipun yang berani melewati Ka’bah. Menurut teori konspirasi, hal itu dikarenakan adanya ruang hampa yang terpancar di atas Ka’bah. Tapi sebenarnya anggapan itu salah. Menurut seorang pilot di Arab Saudi, mengungkapkan bahwa pesawat tidak diperbolehkan melintas di bagian atas Ka’bah karena posisi Ka’bah dikelilingi oleh pegunungan. Suara bising pesawat bisa memantal dan mengganggu aktivitas ibadah di sana.

Baca Juga Kenapa Bagian Atas Kabah Tidak Boleh Dilewati?

4. Meningkatkan sistem imun

Foto: Deherba

Gaya gravitasi yang kuat di Ka’bah bisa membuat sistem imun orang yang berada di sekitarnya jadi kuat. Sistem imun sendiri adalah sistem pertahanan tubuh manusia dari segala penyakit. Semakin kuat sistem imun, maka semakin jarang orang tersebut mengalami sakit.

5. Tetap sejuk meski cuaca sangat panas

Foto: Zulfan

Meskipun cuaca di Arab sangat panas, tapi itu tak mempengaruhi Ka’bah. Karena gaya gravitasi yang kuat, membuat kadar garam dan air di dalam tanah yang mengalir di bawah Ka’bah mengeluarkan hawa sejuk ke permukaan. Inilah alasan kenapa lantai Ka’bah terasa sejuk meski cuaca sedang panas.

6. Keunikan batu Hajar Aswad

Batu Hajar Aswad diletakan di salah satu ujung Ka’bah. Orang-orang yang umroh atau beribadah haji selalu berbondong-bondong untuk mencium batu tersebut. Menurut seorang peneliti, batu Hajar Aswad diduga bukan jenis batuan yang berasal dari bumi, tapi diduga batu ini berasal dari planet lain.

Itulah beberapa fakta tentang Ka’bah dilihat dari sudut pandang sains yang jarang terungkap. Bagaimanapun faktanya, Ka’bah tetap jadi tempat paling suci bagi umat Islam di seluruh dunia.

loading...
Loading...
Loading...