in

6 Fakta Kehidupan Muslim di Selandia Baru yang Jarang Diketahui

6 Fakta Kehidupan Muslim di Selandia Baru yang Jarang Diketahui 1
Foto: thespinoff.co.nz

Teror penembakan yang terjadi di dua masjid di Christchurch, Selandia Baru telah membuat komunitas muslim di seluruh dunia terkejut. Pasalnya baru pertama kali ini terjadi penembakan terhadap muslim di Selandia Baru yang terkenal sebagai negara teraman di dunia.

Akibat insiden penembakan yang menewaskan puluhan orang tak bersalah itu, banyak yang mempertanyakan seperti apa sih kehidupan kaum muslim di Selandia Baru. Apakah mereka hidup tentram dan damai di sana atau tidak?

loading...

Untuk mengetahui seperti apa kehidupan muslim di Selandia Baru, simak artikel berikut ini tentang fakta-fakta minoritas muslim di Selandia Baru yang dikutip oleh Wow Menariknya.

1. Populasi muslim di Selandia Baru hanya 1 persen

6 Fakta Kehidupan Muslim di Selandia Baru yang Jarang Diketahui 2
Foto: stuff.co.nz

Menurut data Statistics New Zealand seperti dikutip dari situs Dawn.com, muslim di Selandia Baru hanya ada lebih dari 46.000 jiwa menurut sensus terakhir pada tahun 2013. Jumlah itu hanya 1 persen dari total jumlah penduduk Selandia Baru.

Dalam rentang waktu 2006 sampai 2013, penduduk muslim di Selandia Baru mengalami peningkatan sebesar 28 persen dan lebih seperempat dari mereka dilahirkan di Selandia Baru.

Baca Juga: 7 Fakta Mengejutkan Kehidupan Islam di Israel yang Jarang Diketahui

2. Banyak yang jadi mualaf

6 Fakta Kehidupan Muslim di Selandia Baru yang Jarang Diketahui 3
Foto: nzherald.co.nz

Jumlah penduduk muslim di Selandia Baru sudah termasuk yang jadi mualaf. Menurut data, banyak penduduk lokal di sana yang jadi mualaf.

3. Negara yang aman untuk muslim

6 Fakta Kehidupan Muslim di Selandia Baru yang Jarang Diketahui 4
Foto: abcnews.com

Meskipun Islam di Selandia Baru minoritas, tapi negara ini memberikan keamanan dan kebebasan bagi warga muslim. Tidak ada diskriminasi yang terjadi di sana. Semua penduduknya saling menghargai satu sama lain.

Baca Juga: Fakta-Fakta Mengerikan Penembakan Brutal di Masjid Selandia Baru

4. Muslim hidup damai selama lebih dari 100 tahun

6 Fakta Kehidupan Muslim di Selandia Baru yang Jarang Diketahui 5
Foto: thestar.com

Presiden Asosiasi Islam Selandia Baru, Mustafa Farouk, mengatakan bahwa muslim sudah hidup damai dan tentara di Selandia Baru selama lebih dari 100 tahun. Belum pernah ada kejadian mengerikan yang menimpa muslim Selandia Baru sebelumnya.

5. Imigran muslim kurang disukai

6 Fakta Kehidupan Muslim di Selandia Baru yang Jarang Diketahui 6
Foto: reuters.com

Sebagian komunitas muslim menghadapi tantangan di Selandia Baru. Menurut CACR, imigran muslim dipandang kurang disukai oleh penduduk Selandia Baru. Imigran dari negara mayoritas seperti Pakistan dan Indonesia dipandang negatif dibandingkan dengan imigran yang berasal dari China, Filipina atau negara lainnya.

6. Kesulitan mencari pekerjaan

6 Fakta Kehidupan Muslim di Selandia Baru yang Jarang Diketahui 7
Foto: ktep.org

Menurut investigasi surat kabar New Zealand Herald pada tahun 2015, menemukan bahwa umat Islam di Selandia Baru adalah kelompok yang lebih berkualitas dibandingkan dengan kelompok dari agama lain, namun mereka kesulitan dalam mendapatkan pekerjaan.

loading...
Loading...
Loading...