Lists

5 Teknologi Canggih yang Diam-Diam Dikembangakan Korea Utara

5 Teknologi Canggih yang Diam-Diam Dikembangakan Korea Utara

Korea Utara memang dikenal sebagai negara yang menutup diri dari dunia luar. Orang asing tidak boleh sembarang masuk ke negara ini, begitupun dengan warganya sendiri yang tidak boleh seenaknya pergi ke luar negeri.

Negara komunis yang dipimpin oleh Kim Jong-un ini disebut-sebut sering mengembangkan dan melakukan uji coba bom nuklir. Sontak saja hal itu membuat resah dunia karena ditakutkan Korut memulai Perang Dunia III.

Selain sering melakukan uji coba bom nuklir, Korut juga disebutkan telah mengembangkan beberapa teknologi canggih ini secara diam-diam. Dilansir Wow Menariknya dari berbagai sumber, berikut teknologi canggih yang diam-diam dikembangkan Korea Utara.

Baca Juga: 15 Potret Kehidupan Korea Utara yang Fotonya Ilegal Dilihat Dunia Luar

1. OS Red Star

5 Teknologi Canggih yang Diam-Diam Dikembangakan Korea Utara

Foto: rappler.com

Korea Utara memiliki sistem operasi resmi yang diberi nama Red Star. Secara tampilan, Red Star mirip dengan Mac OS X, dimana sebenarnya ini adalah pengembangan dari OS Open Source Linux. Untuk melakukan browsing, OS ini dilengkapi Naenara (artinya negaraku) yang hanya bisa diakses menggunakan intranet.

OS yang dikembangkan oleh Korea Utara ini ternyata memiliki beberapa keunggulan seperti anti retas. Dikabarkan, akan sedikit sulit untuk meretas OS ini. Red Star memang sejatinya dikembangkan untuk melindungi dokumen-dokumen milik Korea Utara.

2. Tablet Samjiyon

5 Teknologi Canggih yang Diam-Diam Dikembangakan Korea Utara

Foto: the-digital-reader.com

Dirilis tahun 2012, tablet Samjiyon yang dikembangkan Korea Utara ini dilengkapi fitur TV tuner yang menampilkan siaran resmi Korea Utara, serta browser yang hanya bisa mengakses intranet.

Tablet Samjiyon nampaknya dikembangkan untuk kebutuhan anak-anak di Korea Utara karena fitur di dalamnya. Dalam tablet ini kamu bisa menemukan aplikasi buku online tentang presiden Korea Utara Pertama, Kim Il Sung.

Selain itu ada juga buku tentang bahasa Korea, dan buku etika. Untuk games, kamu bisa menemukan angry birds Rio yang sudah diterjemahkan serta games perang dalam bahasa Cina.

3. Kwangmyongsong-1

5 Teknologi Canggih yang Diam-Diam Dikembangakan Korea Utara

Foto: northkoreatech.org

Memiliki arti bintang terang, Kwangmyongsong-1 adalah satelit pertama yang diluncurkan Korea Utara pada tahun 1998. Tepat di bulan Agustus saat peluncuran, satelit ini disebutkan sukses meluncur menurut beberapa media Korea Utara.

Meski diklaim sukses, keberadaan satelit ini ternyata diragukan oleh pihak lain. Menurut pihak AS, satelit ini tidak terlacak sehingga diperkirakan jatuh ke laut setelah mencapai orbit rendah. Keaslian produk satelit ini juga sempat dipertanyakan karena kemiripannya dengan satelit buatan China dan AS.

Baca Juga: Mengintip Latihan Tentara Korea Utara Yang Bikin Dunia Melongo

4. Kwangmyong

5 Teknologi Canggih yang Diam-Diam Dikembangakan Korea Utara

Foto: wikipedia.org

Karena keterbatasan masyarakat untuk mengakses internet, pemerintah Korea Utara mengeluarkan sebuah domain yang diberi nama Kwangmyong. Layanan intranet nasional ini biasanya digunakan di organisasi pemerintah, universitas dan perpustakaan.

Domain Kwangmyong ini mengontrol sekitar 5.000 website dimana sebagian besar merupakan hal tentang pemerintahan Korea Utara. Tapi jangan khawatir, domain ini dilengkapi dengan mesin pencari, akses ke media sosial dan aplikasi chatting.

5. Manbang Streaming Service

5 Teknologi Canggih yang Diam-Diam Dikembangakan Korea Utara

Foto: engadget.com

Layaknya Netflix, aplikasi streaming ini bisa kamu gunakan hanya dengan mengetikan keyword di dalamnya. Manbang dirilis tahun 2016 lalu dan ditujukan untuk mereka yang memiliki uang lebih. Layanan berbayar ini memiliki sedikit konten acara di dalamnya.

Meski terbilang mahal dengan konten sedikit, Manbang memiliki program pelajaran bahasa asing. Kamu bisa mempelajari bahasa Rusia dan bahasa Inggris melalui Manbang.

To Top