in

5 Peristiwa Mengerikan yang Akan Terjadi Jika Kutub Mencair

Bumi ini terdiri dari dua kutub, yakni Kutub Selatan dan Kutub Utara. Dua wilayah ini sebagian besarnya terdiri dari es yang membentuk daratan luas. Menurut para peneliti, perlahan-lahan es di kutub mencair karena pemanasan global. Akibatnya bumi ini mengalami perubahan iklim dan cuaca yang tidak menentu.

Lantas apa jadinya jika dua kutub di planet ini benar-benar mencair secara total? Akan banyak peristiwa mengerikan yang terjadi jika kutub mencair. Mulai dari mega tsunami setinggi ratusan meter, negara-negara kepulauan akan banyak yang tenggelam dan manusia akan hidup dalam kekacauan. Langsung saja, berikut ulasannya.

1. Mega tsunami setinggi ratusan meter

Foto: Top Metro News

Jika kutub mencair, air laut akan naik dan menyebabkan terjadinya mega tsunami setinggi ratusan meter. Mega tsunami ini akan menenggelamkan banyak daratan dan menghilangkan ratusan juta nyawa manusia. Pulau-pulau kecil sudah dipastikan akan tenggelam. Bahkan, negara-negara kepulauan termasuk Indonesia terancam hilang dari peta. Karena mega tsunami inilah, akan banyak daratan yang hilang.

loading...

Baca Juga: 7 Foto Miris Ini Buktikan Es Di Kutub Sudah Mencair

2. Kita akan hidup di atas perairan

Foto: Abadkini

Karena sebagian besar daratan sudah tenggelam, manusia yang berhasil selamat terpaksa harus bertahan hidup di atas perairan. Manusia akan kesulitan mendapatkan air mineral dan perlu puluhan tahun untuk menyesuaikan diri hidup di lautan. Selama proses itu, akan banyak orang yang meninggal.

3. Cuaca yang ekstrim

Foto: GoLookUp

Mencairnya kutub dapat mempengaruhi iklim planet ini. Cuaca akan berubah jadi ekstrim, yang dingin akan semakin dingin dan yang panas akan semakin panas. Badai dan angin topan akan terus melanda beberapa negara. Bahkan lebih buruknya lagi, sebagian belahan dunia ini akan masuk ke fase cuaca yang sangat dingin yang bisa membekukan segalanya. Maka munculah teori kalau kutub benar-benar mencair, kita akan kembali ke zaman es.

Baca Juga: 8 Foto Hubungan Manusia dan Alam Ini Terlalu Menyedihkan Untuk Dilihat

4. Akan banyak tanah tandus yang sangat kering

Foto: KRjogja

Di samping daratan berubah jadi lautan, daratan yang tersisa akan mengalami kekeringan yang sangat panjang hingga membuat tanah tersebut jadi seperti gurun. Hal itu dikarenakan suhu tinggi yang membuat es di kutub mencair.

5. Kekacauan di mana-mana

Foto: The Art

Bencana besar-besaran yang terjadi akibat kutub mencair dapat menghancurkan sistem pemerintahan. Umat manusia akan berada dalam kekacauan. Orang-orang akan saling menjarah dan bahkan saling membunuh untuk mendapatkan makanan. Tidak akan ada lagi ketertiban dan keamanan di dunia ini.

Peristiwa-peristiwa di atas hanyalah gambaran jika seandainya kutub benar-benar mencair. Semoga kita ke depannya bisa menjaga alam ini dengan baik sehingga tidak akan pernah terjadi pemanasan global.

loading...
loading...
Loading...
Loading...