in

5 Penemuan Kota Bawah Laut Paling Spektakuler

5 Penemuan Kota Bawah Laut Paling Misterius

Sepanjang sejarah bumi ini, ada banyak peradaban yang telah hidup jauh sebelum kita. Seiring berjalannya waktu, tidak semua peradaban bisa bertahan hidup, beberapa ada yang lenyap, baik itu karena perang atau bencana.

Para ahli percaya bahwa di dalam lautan yang luas terdapat banyak reruntuhan kota bekas peradaban yang lenyap. Hal itu dibuktikan dengan penemuan reruntuhan beberapa kota bahwa laut ini oleh tim arkeolog. Diperkirakan usia kota tersebut sudah ribuan tahun dan bahkan sudah ada sejak jaman es.

Berikut Wow Menariknya merangkum daftar 5 penemuan kota bawah laut paling spektakuler yang jadi bukti bahwa dulu banyak peradaban yang ditenggelamkan oleh lautan.

1. Kota Kuno Pavlopetri

5 Penemuan Kota Bawah Laut Paling Misterius

Pada tahun 1967, Dr Nic Flemming menemukan kota pelabuhan Pavlopetri di bawah bawah laut di pantai selatan Yunani. Kota bawah laut berusia ribuan tahun ini diyakini dulunya merupakan jalur perdagangan yang ramai karena banyak tembikar kuno ditemukan di dalamnya.

Baca Juga: Video Animasi Ini Tunjukkan Mengerikannya Lautan Dalam

Kota ini diperkirakan memiliki luas sampai 100.000 meter persegi dengan beberapa kondisi reruntuhan yang masih utuh.

2. Piramida Yonaguni-Jima

5 Penemuan Kota Bawah Laut Paling Misterius

Tim arkeolog berhasil menemukan piramida yang tenggelam di dasar laut di lepas pantai Kepulauan Ryukyu, Jepang. Penemuan ini jadi bukti bahwa piramida tak hanya ada di Mesir, tapi kemungkinan besar ada di seluruh dunia.

Para ahli meyakini kalai Piramida Yonaguni-Jima bukan bentukan alam, melainkan buatan manusia. Diperkirakan bangunan ini dibuat pada jaman es atau sekitar 10.000 tahun sebelum Masehi.

3. Atlit Yam

5 Penemuan Kota Bawah Laut Paling Misterius

Atlit Yam merupakan sebuah desa Neolitik yang terendam di dekat pantai Atlit, Israel. Reruntuhannya ditemukan pada tahun 1984 dengan luas 8 sampai 12 meter. Para arkeolog menemukan reruntuhan rumah, sumur dan artefak lainnya di sekitar reruntuhan.

Baca Juga: 12 Makhluk Penghuni Lautan Dalam Paling Aneh

Salah satu yang menarik adalah struktur yang merupakan situs ritual. Struktur ini terdiri dari batu besar yang membentuk lingkaran di sekitar lubang. Selain itu, para arkeolog juga menemukan sumur batu yang jadi tempat pembuangan jenazah manusia.

4. Kota Singa

5 Penemuan Kota Bawah Laut Paling Misterius

Disebut Kota Singa atau Lion City, karena ada banyak patung singa ditemukan di sekitar reruntuhan kota yang ditemukan di bawah Danau Quiandao di China. Luas kota ini diperkirakan sama dengan luas 62 lapangan sepak bola. Kota ini diduga tenggelam katika hendak dibangun sebuah bendungan, tapi tidak diketahui kapan kejadiannya. Rentuhan kota ini sampai sekarang masih utuh.

5. Kota Alexandria Cleopatra

5 Penemuan Kota Bawah Laut Paling Misterius

Pada tahun 1988, tim arkeolog menemukan reruntuhan yang diduga berasal dari Kota Alexandria yang telah hilang selama 1600 tahun. Reruntuhan tersebut ditemukan di lepas pantai Alexandira. Para ahli berpendapat bahwa kota ini tenggelam ke bawah laut karena gempa besar. Setidaknya ada lebih dari 140 artefak yang ditemukan di sekitar reruntuhan. Para ahli juga percaya kalau makam Cleopatra ada di sana.