Lists

5 Negara yang Pernah Memindahkan Ibu Kotanya

5 Negara yang Pernah Memindahkan Ibu Kotanya

Presiden Joko Widodo telah resmi mengumumkan bahwa ibu kota akan pindah dari Jakarta ke Kalimantan Timur. Jakarta dinilai sudah tidak layak lagi dijadikan ibu kota karena beberapa alasan.

Pemindahan ibu kota ini pun menuai pro dan kontra dari masyarakat. Sebagian ada yang setuju dan sebagian lagi ada yang tidak karena pemindahan ibu kota akan memakan biaya besar dan berpengaruh besar pada perekonomian bangsa.

Terlepas dari pro dan kontra masyarakat soal pemindahan ibu kota ke Kalimantan, ternyata ada beberapa negara yang juga pernah memindahkan ibu kotanya. Penasaran? Dilansir Wow Menariknya dari Mental Floss, berikut lima negara yang pernah memindahkan ibu kotanya.

Baca Juga: 10 Meme Ibu Kota Pindah Ke Kalimantan Ini Bikin Ngakak

1. Myanmar

5 Negara yang Pernah Memindahkan Ibu Kotanya

Foto: serumpi.com

Pada November 2005, pemerintah Myanmar tiba-tiba memindahkan ibu kotanya dari Yangon ke Pyinmana. Jarak dari Yangon utara ke Pyinmana mencapai 200 mil. Tidak diketahui secara pasti apa alasan pemerintah tiba-tiba memindahkan ibu kotanya.

Wilayah Naypyidaw di kota Pyinmana pun terpilih jadi pusat pemerintahan Myanmar. Wilayah tersebut tidak terlalu luas dan masih belum berkembang.

2. Nigeria

5 Negara yang Pernah Memindahkan Ibu Kotanya

Foto: aljazeera.com

Lagos dulunya adalah ibu kota Nigeria dan merupakan kota terpadat kedua di Afrika. Sejak tahun 1991, pemerintah memutuskan untuk mencopot jabatan ibu kota dari Lagos karena dinilai sudah tidak layak lagi.

Sejak tahun 1980, pemerintah Nigeria sudah merencanakan pemindahan ibu kota. Kemudian pada tahun 1991, ibu kota Nigeria benar-benar dipindahkan ke Abuja, sekitar 300 mil dari timur laut Lagos. Meskipun sudah pindah, sebagian fungsi pemerintahan tetap berada di Lagos.

3. Bolivia

5 Negara yang Pernah Memindahkan Ibu Kotanya

Foto: traveller.com.au

Sucre awalnya merupakan ibu kota Bolivia karena di sana terdapat tambang perak yang sangat melimpah. Namun karena perak di sana mulai habis, pemerintah memutuskan untuk memindahkan ibu kota ke La Paz pada tahun 1898 yang lebih dekat dengan pertambangan timah.

Baca Juga: 3 Kota yang Cocok Dijadikan Ibu Kota Indonesia

Pemindahan ibu kota ini memicu perang saudara. Untuk mengatasi konflik ini, pemerintah memutuskan La Paz menjadi ibu kota administratif sementara Sucre tetap sebagai ibu kota secara konstitusi.

4. Benin

5 Negara yang Pernah Memindahkan Ibu Kotanya

Foto: greaterlyon.com

Benin merupakan sebuah negara di Afrika Barat yang berbatasan dengan Niger di sebelah utara dan Nigeria di sebalah timur. Porto-Novo adalah ibu kota resmi Benin, namun pusat pemerintahan tidak dijalankan di sana.

Kota Cotonou, kota terbesar di Benin dijadikan ibu kota ekonomi di mana sebagian besar kantor pemerintahan berada di sana.

5. Pantai Gading

5 Negara yang Pernah Memindahkan Ibu Kotanya

Foto: wikipedia.org

Abidjan dipilih menjadi pusat pemerintahan Pantai Gading sejak tahun 1933 mengingat kota ini merupakan yang terbesar dan sebagai pusat ekonomi. Namun pada tahun 1983, Presiden Felix Houphouet-Boigny memutuskan untuk memindahkan ibu kota ke Yamoussoukro.

Setelah kematian Presiden Felix, ibu kota Pantai Gading tetap Yamoussoukro. Akan tetapi pusat perekonomian tetap berada di Abidjan.

You May Like

Loading...
To Top