Lists

5 Kota Besar di Dunia yang Diprediksi Tenggelam

5 Kota Besar di Dunia yang Diprediksi Tenggelam

Sejumlah kota-kota besar di dunia ada yang diprediksi tenggelam di kemudian hari jika tidak ada aksi besar yang dilakukan. Penyebabnya karena level air laut yang terus meningkat dan turunnya permukaan tanah dikarenakan penggunaan air dalam tanah yang berlebihan.

Salah satunya adalah ibu kota Indonesia, Jakarta. Ada alasan kenapa Jakarta sering dilanda banjir selain karena sampah. Jika tidak ada perubahaan yang besar, tak menutup kemungkinan di masa mendatang Jakarta akan jadi Atlantis selanjutnya.

Langsung saja, berikut 5 kota besar di dunia yang diprediksi akan tenggelam di masa mendatang seperti dikutip Wow Menariknya dari berbagai sumber.

1. Beijing

5 Kota Besar di Dunia yang Diprediksi Tenggelam

Foto: stockhead.com.au

Menurut studi tahun 2016, tanah di Beijing turun sampai 10 cm per tahun. Penyababnya karena menipisnya air tanah yang disebabkan oleh banyaknya pembangunan gedung-gedung pencakar langit.

Dengan jumlah penduduk yang sangat banyak, otomatis kebutuhan air tanah pun semakin meningkat. Sementara keadaan air di dalam tanah tidak bisa memenuhi semua kebutuhan penduduk Ibu Kota negara China tersebut. Akibatnya air dalam tanah semakin berkurang dan menjadi kurang stabil yang menyebabkan penurunan.

2. Venesia

5 Kota Besar di Dunia yang Diprediksi Tenggelam

Foto: medcom.id

Kota di Italia yang terkenal dengan romansanya ini memang sudah lama digenang air. Buktinya saja kendaraan yang digunakan di sana kebanyakan perahu.

Venesia mengalami penurunan tanah 0,2 cm per tahun dan selalu terancam banjir. Dalam beberapa dekade ke depan, kota Venesia diprediksi akan tenggelam sepenuhnya ke bawah permukaan laut.

Baca Juga: 10 Foto-Foto Banjir yang Melanda Wilayah Jabodetabek

3. Lagos

5 Kota Besar di Dunia yang Diprediksi Tenggelam

Foto: pulse.ng

Terletak di tepi pantai, ibu kota Nigeria ini juga terancam tenggelam dikarenakan level air laut terus naik setiap tahunnya. Belum lagi fakta bahwa Lagos adalah kota terpadat di Afrika yang secara langsung mempengaruhi kondisi air dalam tanah.

Kondisi geografisnya menyebabkan Lagos sering terkena banjir dan erosi pantai. Jika seandainya level air laut naik 2 sampai 3 meter, akibatnya bisa berdampak pada kelangsungan hidup di sana.

4. Houston

5 Kota Besar di Dunia yang Diprediksi Tenggelam

Foto: organizetexas.org

Sama seperti Beijing, Houston di Amerika Serikat juga mengalami penurnan tanah setiap tahunnya. Hal itu dikarenakan pengambilan air tanah yang berlebihan. Menurut sebah studi, kota ini sudah turun sampai 3 meter sejak tahun 1920.

Dalam kata lain, per tahunnya tanah di Houston mengalami penurunan sampai 0,5 cm. Jika penggunaan air tidak bisa dikenalikan, tak menutup kemungkinan kota ini juga akan tenggelam.

5. Jakarta

5 Kota Besar di Dunia yang Diprediksi Tenggelam

Foto: odt.co.nz

Jakarta punya letak geografis yang cukup rumit. Level air laut yang terus meningkat dan tanah di Jakarta yang terus menurun setiap tahunnya menyebabkan Ibu Kota Indonesia ini terancam tenggelam dalam puluhan dekade ke depan.

Buktinya saja Jakarta sering dilanda banjir ketika musim hujan. Selain sampah, penyebab lainnya adalah meningkatnya terus level air laut. Kepadatan penduduk di Jakarta juga semakin bertambah, maka penggunaan air di dalam tanah pun akan semakin meningkat.

Tak heran jika Jakarta diprediksi akan tenggelam di kemudian hari. Mungkin karena itu Presiden Joko Widodo akan memindahkan ibu kota ke Kalimantan.

To Top