in

5 Fakta Militer Singapura yang Patut Diperhitungkan

Kecil-kecil cabai rawit, sepertinya julukan ini cocok diberikan kepada Singapura. Negara tetangga kita ini memang sangat kecil dilihat dari luas wilayahnya, tapi memiliki perekonomian yang jauh lebih maju ketimbang Indonesia. Bahkan Singapura merupakan negara paling maju di Asia Tenggara.

Tak hanya dari perekonomiannya saja yang maju, Singapura juga memiliki pasukan yang tak boleh dianggap remeh. Mungkin banyak di antara kalian yang mengira kalau kekuatan militer Singapura sangat lemah, tapi anggapan kalian itu akan segera terkikis setelah mengetahui fakta-faktanya berikut ini.

loading...

Langsung saja, berikut Wow Menariknya menghimpun daftar fakta militer Singapura yang patut diperhitungkan.

1. Memiliki industri militer sendiri

Foto: Flickr/cks2k2

Indonesia memang memiliki industri militer sendiri, bahkan senjata buatan Indonesia terkenal dengan kemampuannya yang hebat. Tapi dari segi produksi alat-alat miltier berat, seperti tank baja, pesawat dan kapal perang, Indonesia masih sangat terbatas.

Baca Juga: 6 Negara Tanpa Militer yang Hidup Damai dan Tentram

Begitupun dengan Singapura yang juga memiliki industri militer sendiri. Bedanya, Singapura mampu menciptakan senjata sendiri dan alat militer berat.

2. Anggaran militer yang sangat banyak

Foto: Singapore Policy Journal

Pemerintah Singapura menganggarkan dana sampai sebesar $4,4 miliar atau sekitar Rp 61,8 triliun untuk kekuatan militernya. Menurut sebuah informasi, pada tahun 1999, Singapura menghabiskan dana sampai $7,25 miliar atau 25% dari anggarannya untuk memperkuat pertahanannya. Dengan dana sebesar itu, tentu Singapura mampu menciptakan kekuatan militer yang tak tertandingi.

3. Angkatan Udara Singapura

Foto: Pinterest

Menurut Defense Journal, Singapura memiliki 36 unit pesawat tempur F5C, 4 unit F16B dan 8 unit F5T. Ditambah lagi ratusan helikopter yang siap memperkuat wilayah udara Singapura.

Baca Juga: 8 Fakta Mengerikan Militer Korea Utara Yang Membuat Dunia Ketakutan

4. Angkatan Laut Singapura

Foto: Indomiliter

Di bagian Angkatan Laut, Singapura memiliki 7 kapal selam berteknologi canggih dan dilengkapi dengan persenjataan lengkap. Negara ini juga memiliki 18 kapal Korvet yang dilengkapi dengan persenjataan modern.

5. Kekuatan tentara Singapura

Foto: Redwire

Singapura hanya memiliki 60.500 personil tentara. Jumlah tersebut sangat sedikit dibandingkan dengan negara lainnya, apalagi Indonesia. Namun untuk menutupi kelemahan ini, pemerintah Singapura mengharuskan warganya mengikuti wajib militer yang jumlahnya berkisar 200.000 orang lebih.

Bagaimana menurut kalian, kekuatan militer Singapura tidak selemah yang kalian pikirkan yah?

loading...
Loading...
Loading...