in , ,

5 Danau Biru Paling Indah di Indonesia

Memang sudah tak terbantahkan lagi kalau Indonesia merupakan surganya tempat-tempat yang indah. Tak hanya pantainya saja yang indah, Indonesia juga punya banyak danau yang keindahannya bisa memanjakan mata dan menenangkan pikiran.

Ada banyak danau di tanah air kita ini, tapi ada beberapa danau yang terkenal dengan keindahan airnya yang sangat biru dan jernih. Tak hanya itu, di sekitar danau ini juga menyajikan pemandangan yang indah. Pengunjung bisa menikmati perpaduan alam yang hijau dan air yang biru. Pokoknya kita bisa bebas selfie di danau indah ini.

Langsung saja, berikut lima danau biru paling indah di Indonesia yang siap membuat Anda terpesona. Anda pasti berkeinginan untuk berenang di danau ini!

Baca Juga: Unik, Danau Ini Terletak Di Atas Lautan

1. Danau Kaolin, Bangka Belitung

5 Danau Paling Biru nan Indah di Indonesia
Foto: Nu.or.id

Danau Kaolin di Desa Nibung, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dikenal dengan airnya yang berwarna biru cerah dan endapan mineral putih. Menurut penduduk setempat, danau ini merupakan bekas galian tambang yang sudah bertahung-tahun ditinggalkan. Kemudian terbentuklah kolam air yang sangat indah.

Sayangnya, pemerintah setempat melarang pengunjung untuk menggunakan atau berenang di danau ini karena airnya sudah terkena paparan logam radioaktif hasil galian tambang yang beracun. Tapi kabar baiknya pengunjung bisa masuk ke danau ini tanpa membayar dan bisa sepuasnya selfie di sana.

2. Danau Labuan Cermin, Kalimantan Timur

5 Danau Paling Biru nan Indah di Indonesia
Foto: Indonesiajalanjalan.com

Destinasi ini disebut-sebut sebagai surga tersembunyi yang ada di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-biduk, Kalimantan Timur. Ya, Danau Labuan Cermin memiliki air yang sangat jernih dan bersih. Bahkan saking jernihnya, dasar danau tersebut bisa terlihat dengan kasat mata.

Danau ini disebut juga Danau Dua Rasa karena air tawar dan air laut saling berdampingan di danau yang berwarna kehijauan ini. Mesipun lokasinya sangat jauh dari perkotaan yang bisa memakan waktu 5-7 jam, tapi lelah tersebut akan terobati ketika melihat keindahan danau ini.