Lists

7 Cara Unik dan Ekstrim Agar Jadi Cantik di Jaman Dulu

5 Cara Unik dan Ekstrim Agar Jadi Cantik di Jaman Dulu

Cantik memang idaman setiap perempuan. Tapi pernahkah kamu membayangkan seperti apa standar kecantikan di jaman dahulu?

Dulu, peralatan dan produk kecantikan tidak selengkap dan secanggih sekarang. Cara makeup, merawat rambut, wajah di jaman dahulu berbeda dengan cara di jaman sekarang.

Cara-cara yang dipakai agar penampilan tetap cantik terbilang sangat unik dan bahkan terdengar ekstrim. Penasaran seperti apa cara wanita jaman dulu untuk jadi cantik? Simak pembahasannya di bawah ini sampai tuntas.

1. Meluruskan rambut dengan setrika

7 Cara Unik dan Ekstrim Agar Jadi Cantik di Jaman Dulu

Foto : brilio.net

Catokan adalah alat yang kita kenal dapat membuat kesan rapi atau lurus pada rambut. Sebelum ada catokan, setrika dijadikan sebagai pelurus rambut.

Membayangkannya saja, rasanya harus ada yang membantu menyetrika rambut, jika tidak tentu menjadi sangat bahaya bukan?

2. Mencukur habis alis

7 Cara Unik dan Ekstrim Agar Jadi Cantik di Jaman Dulu

Foto : selipan.com

Ternyata tren kecantikan ini bermula dari seorang bangsawan di Eropa, yang kemudian banyak orang yang mengikutinya. Tidak hanya alis, mereka pun mencukur bulu mata dan rambut disekitar dahi.

Kalau jaman sekarang, kayanya tidak mungkin wanita-wanita diluar sana melakukannya. Justru menggambar alis menjadi langkah make-up yang wajib dilakukan belakangan ini.

3. Terapi wajah dengan lintah

7 Cara Unik dan Ekstrim Agar Jadi Cantik di Jaman Dulu

Foto : yhschurch.com

Sekitar abad 14 sampai abad 17 kecantikan seorang wanita digambarkan dengan wajah berkulit pucat. Agar terlihat pucat banyak wanita melakukan pengeringan darah menggunakan lintah.

Lintah diletakkan di wajah hingga ke telinga mereka. Duh, membanyangkannya saja sudah membuat meringis ngeri.

Baca Juga: 7 Potret Kecantikan Wanita Chechnya, Negara Muslim di Rusia

4. Waxing dengan Kotoran Kucing

7 Cara Unik dan Ekstrim Agar Jadi Cantik di Jaman Dulu

Foto : merdeka.com

Dari jaman dahulu ternyata bebas dari rambut sudah menjadi standar kecantikan. Kalau jaman sekarang waxing biasa dilakukan dengan racikan gula atau karamel, sudah banyak yang jual jadi sehingga kamu tidak repot-repot harus meracik gulanya.

Sementara jaman dahulu, kotoran kucing yang sudah dikeringkan dicampur dengan larutan cuka, kemudian dioleskan pada rambut yang akan dicabut. Mulus sih tapi tidak berbau tuh ?

5. Hairspray dari lemak babi

7 Cara Unik dan Ekstrim Agar Jadi Cantik di Jaman Dulu

Foto : blogunik.com

Untuk membuat tatanan rambut mengembang atau sesuai dengan tren di jaman dahulu, banyak wanita menggunakan minyak babi ke rambut mereka.

Lucunya, minyak babi ini malah mengundang tikus jadi mendekat. Jadi sering saat terbangun dari tidur, para pemakainya terbangun dengan seekor tikus di rambut mereka.

6. Tanaman Mmematikan belladona

7 Cara Unik dan Ekstrim Agar Jadi Cantik di Jaman Dulu

Foto : ayousaha.co.id

Belladona adalah jenis tanaman beri hitam. Kegunaannya adalah sebagai ekstrak tanaman yang ditambahkan pada tetes mata untuk membuat pupil mata menjadi lebih besar dan terlihat cantik.

Tetapi tanaman ini ternyata bisa menyebabkan kebutaan, lebih parahnya bisa memicu gagal jantung, koma, hingga kematian.

7. Pil telur cacing pita

7 Cara Unik dan Ekstrim Agar Jadi Cantik di Jaman Dulu

Foto : fimela.com

Memiliki tubuh langsing sudah menjadi standar kecantikan sejak dulu. Para wanita di Inggris sekitar tahun 1800-an rela meminum pil berisi telur acing pita untuk mendapatkan pinggang yang ekstra ramping. Setelah menetas, cacing pita akan memakan nutrisi dan kalori yang ada di dalam perut.

Setelah mendapat berat badan yang diinginkan, biasanya mereka meminum sejenis obat untuk membunuh cacing tersebut lalu keluar bersama dengan feses. Tetapi pembersihan ini sering tidak berhasil, yang malahan membuat malnutrisi, gangguan liver, hingga konstipasi akut.

Beauty is pain, sepertinya ini istilah yang relate dari dulu hingga sekarang. Karena jaman sudah semakin berkembang, kita pun harus lebih bijaksana agar terlihat cantik. Jangan sampai niat untuk menjadi cantik malah membahayakan kesehatanmu.

To Top