in

4 Perlombaan 17 Agustusan Ini Punya Sejarah yang Tragis

4 Perlombaan 17 Agustusan Ini Punya Sejarah yang Tragis
Foto: Kaskus

Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, masyarakat selalu mengadakan berbagai macam acara hiburan. Perlombaan 17 Agustusan adalah salah satunya, yang rutin diadakan setiap bulan Agustus.

Ada banyak macam perlombaan 17 Agustusan yang selalu ada setiap Agustus, seperti lomba makan kerupuk, balap karung, panjat pinang atau tarik tambang. Siapa saja bisa mengikuti lomba tersebut dengan penuh suka cita. Tapi tahu tidak kalau lomba-lomba tersebut memiliki sejarah yang tragis?

Berikut ini simak sejarah tragis di balik empat perlombaan 17 Agustusan yang selalu menghiasi Hari Kemerdekaan Indonesia. Lomba-lomba ini terinspirasi dari kejadian-kejadian memilukan waktu jaman penjajahan dulu.

loading...

1. Lomba Makan Kerupuk

4 Perlombaan 17 Agustusan Ini Punya Sejarah yang Tragis
Foto: malahayati

Setiap Agustusan, lomba makan kerupuk pasti selalu ada. Seperti yang kita ketahui, peserta lomba dituntut bisa memakan kerupuk yang digantung dengan menggunakan tali dengan kondisi tangan terikat. Siapa yang bisa menghabiskan kerupuk paling cepat dialah pemenangnya.

Sejarahnya: Dulu pas jaman Indonesia dijajah Belanda, masyarakat kesulitan mendapatkan makanan. Paling mereka hanya bisa makan nasi dan kerupuk saja untuk bertahan hidup. Oleh sebab itu lomba makan kerupuk selalu diadakan setiap Agustusan untuk memperingati pahitnya kehidupan jaman dijajah dulu.

Baca Juga: Begini Kisah Orang Korea Yang Bela Kemerdekaan Indonesia

loading...
loading...
Loading...
Loading...