in

4 Jenis Narkoba yang Paling Banyak Dikonsumsi di Indonesia

4 Jenis Narkoba yang Paling Banyak Dikonsumsi di Indonesia 1
Foto: Pixabay

Narkoba atau narkotika adalah obat-obatan terlarang yang mengandung zat berbahaya bagi kesehatan tubuh dan kejiwaan. Narkoba memiliki efek yang bisa membuat penggunanya jadi kecanduan.

Di dunia ini ada banyak sekali jenis narkotika yang dijual di pasar gelap, termasuk di Indonesia. Meskipun pemberantasan terhadap narkoba terus digencarkan, tapi tetap saja penggunaan obat-obatan terlarang ini masih sangat banyak.

Dikutip Wow Menariknya dari data Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Hellosehat, berikut ini empat jenis narkoba yang paling banyak dikonsumsi di Indonesia.

Baca Juga: Krokodil, Narkoba Yang Ubah Pecandunya Jadi Zombie

1. Ganja

4 Jenis Narkoba yang Paling Banyak Dikonsumsi di Indonesia 2
Foto: Pixabay

Ganja adalah jenis narkotika yang paling banyak dikonsumsi di Indonesia. Memiliki nama lain marijuna, cimeng dan gele, narkoba jenis Ini banyak digunakan oleh kalangan pelajar menurut survey BNN.

Biasanya ganja dikonsumsi dengan cara memasukannya ke dalam lintingan rokok. Ketika seseorang merokok ganja, zat di dalamnya yang disebut delta-9 tetrahydrocannabion (THC) akan cepat melewati paru-paru menuju aliran darah. Kemudian darah akan membawa zat tersebut dengan cepat ke otak dan organ tubuh lainnya.

THC sendiri merupakan zat yang mampu mengubah akal sehat. Dalam jangka waktu 30 menit setelah mengkonsumsi ganja, seseorang bisa mengalami perubahan suasana hati dan perubahan kesadaran secara instan.

2. Shabu

4 Jenis Narkoba yang Paling Banyak Dikonsumsi di Indonesia 3
Foto: sindonews.com

Shabu memiliki nama lain methamphetamine, kristal atau meth. Shabu memiliki bentuk putih seperti kristal dan tidak berbau. Menurut survey BNN, shabu banyak digunakan dikalangan pekerja, lalu disusul orang yang berumah tangga dan kemudian pelajar.

Shabu memiliki efek stimulan yang sangat kuat. Shabu mampu meningkatkan jumlah neurotransmitter dopamine yang mengarah ke otak. Dopamin sendiri memiliki mampu meningkatkan fungsi motorik otak terhadap rasa senang dan motivasi.

Orang yang mengkonsumsi shabu akan memiliki suasana hati senang dan tenang, sekaligus memberikan energi pada tubuh. Namun itu efeknya hanya sementara, setelah hilang, seseorang akan mengalami lemas di tubuhnya.

Baca Juga: Ini Alasan Banyak Artis Suka Memakai Narkoba

3. Ekstasi

4 Jenis Narkoba yang Paling Banyak Dikonsumsi di Indonesia 4
Foto: republika.co.id

Ekstasi merupakan bahan kimia sintetis yang meniru shabu yang biasanya berbentuk tablet. Menurut BNN, ekstasi sering dikonsumsi oleh kalangan pekerja dan pelajar.

Beberapa efek ekstasi yaitu menyebabkan kecanduan, serangan panik, pusing, depresi dan tidak mampu membedakan realita dan fantasi.

4. Heroin

4 Jenis Narkoba yang Paling Banyak Dikonsumsi di Indonesia 5
Foto: qns.com

Heroin yang murni memiliki bentuk serbuk putih yang sangat pahit. Namun di pasaran, heroin biasanya sudah dicampur dengan gula, pati, susu, bubuk atau kina.

Menurut BNN, heroin banyak dikonsumsi oleh orang rumah tangga dan pekerja. Biasanya heroin dikonsumsi dengan cara dihisap atau dimasukkan ke dalam rokok.

Efek jangka panjang dari penggunaan heroin dapat menyebabkan tubuh jadi lemah, penurunan sistem imun, kecanduaan hingga overdosis.

Loading...
Loading...