in

10 Negara dengan Militer Terkuat di Dunia, Indonesia Masuk?

10 Negara dengan Militer Terkuat di Dunia, Indonesia Masuk? 1

Setiap negara di seluruh dunia pasti terus mengembangkan kekuatan militer mereka untuk menjaga keamanan negara dari serangan luar. Baik itu dari pelatihan para prajuritnya, teknologi senjata yang canggih dan kendaraan-kendaraan tempur yang semakin diperkuat.

Negara-negara dengan militer terkuat di dunia memiliki rudal nuklir. Kita tahu sendiri apa jadinya jika rudal nuklir sampai diledakan di suatu kota, pasti kota tersebut langsung rata dengan tanah.

loading...

Dihimpun Wow Menariknya dari berbagai sumber, berikut 10 negara dengan militer terkuat di dunia yang sangat ditakuti. Apakah Indonesia masuk?

1. Amerika Serikat

10 Negara dengan Militer Terkuat di Dunia, Indonesia Masuk? 2
Foto: sputniknews

Sudah pasti negara adidaya yang satu ini merupakan negara dengan militer terkuat dan paling ditakuti di dunia. Sebanyak 1,4 juta tentara aktif dan 400 ribu tentara cadangan dimiliki AS. Selain itu AS memiliki banyak pesawat dan kapal tempur yang sangat canggih. Dan yang paling pasti AS memiliki 7.500 hulu ledak nuklir.

2. Rusia

10 Negara dengan Militer Terkuat di Dunia, Indonesia Masuk? 3
Foto: othjourna

Dalam hal kekuatan militer, Rusia sudah tak diragukan lagi. Setidaknya Rusia memiliki 3 juta tentara dan anggaran sebesar USD 76,6 milliar dikeluarkan pemerintah Rusia untuk mendanai perthanan mereka. Selain itu Rusia juga memiliki hampir 8.500 hulu ledak nuklir.

Baca Juga: 6 Negara Tanpa Militer yang Hidup Damai dan Tentram

3. China

10 Negara dengan Militer Terkuat di Dunia, Indonesia Masuk? 4
Foto: zeenews

China memiliki 2,3 juta tentara aktif dan 2,4 juta tentara cadangan. Dan hampir 25.000 kendaraan darat serta 2.800 pesawat tempur dimiliki negara tirai bambu ini. Selain itu China masih memiliki 300 senjata nuklir yang berbahaya. Jadi tak heran kalau negeri tirai bambu ini memiliki militer terkuat dan paling berbahaya di dunia.

4. India

10 Negara dengan Militer Terkuat di Dunia, Indonesia Masuk? 5
Foto: indianexpress

India bisa menjadi salah satu negara yang memiliki jumlah pasukan terbanyak di dunia, yaitu sekitar 3,5 juta tentara. Selain itu India juga memiliki 16.000 kendaraan darat, termasuk 3.500 tank dan 1.785 pesawat tempur. Senjata nuklir yang dimiliki mereka juga semakin memperkuat kedudukan militer mereka di dunia.

5. Inggris

10 Negara dengan Militer Terkuat di Dunia, Indonesia Masuk? 6
Foto: strategicculture

Sekitar 205 ribu tentara, 908 pesawat tempur dan 66 kapal tempur tidak membuat Inggris lemah dalam hal kekuatan militer. Setidaknya Inggris masih memiliki 160 senjata nuklir yang membuat Inggris tetap berada di posisi negara dengan militer terkuat di dunia.

6. Prancis

10 Negara dengan Militer Terkuat di Dunia, Indonesia Masuk? 7
Foto: youtube

Sama dengan Jerman sebagai negara Uni Eropa, Prancis memiliki anggaran besar dalam membangun angkatan militer mereka. Setidaknya USD 43 miliar digelontrokan pemerintah Prancis untuk mendanai militer mereka.

Tentara aktif dan cadangan yang dimiliki Prancis berjumlah sekitar 500 ribu orang. Dan 9.000 kendaraan tempur dan 1.000 pesawat tempur dimiliki militer Prancis. Selain itu Prancis memiliki 290 nuklir di gudang mereka. Jadi tak heran kalau Prancis masuk negara yang sangat kuat.

Baca Juga: 8 Fakta Mengerikan Militer Korea Utara Yang Membuat Dunia Ketakutan

7. Jerman

10 Negara dengan Militer Terkuat di Dunia, Indonesia Masuk? 8
Foto: sputniknews

Sebagai pemimpin de facto Uni Eropa, Jerman sudah tak diragukan lagi dalam bidang perekonomian dan militer.

Jerman mengatakan memiliki 180.000 tentara aktif dan 145.000 tentara cadangan. Angakatan Udara Jerman setidaknya memiliki 750 pesawat tempur super canggih dan 5.000 senjata darat yang siap memperkokoh pertahanan Jerman.

8. Turki

10 Negara dengan Militer Terkuat di Dunia, Indonesia Masuk? 9
Foto: dailysabah

Sebagai salah satu negara terkuat di Timur Tengah, Turki sudah lama mempertahankan hubungan diplomatik mereka dengan Amerika Serikat.

Turki memiliki sekitar 600 ribu tentara, termasuk yang aktif dan cadangan. Dan memliki 16.000 senjata darat dan 1.000 pesawat tempur di gudang mereka, namun pihak militer Turki membantah memiliki semua itu.

9. Korea Utara

10 Negara dengan Militer Terkuat di Dunia, Indonesia Masuk? 10
Foto: nbcnews

Seperempat anggaran negara yang dipimpin oleh Kim Jong-un ini dibelanjakan untuk kebutuhan militer. Tak heran jika Korea Utara memiliki kekuatan militer yang sangat ditakuti, termasuk oleh Amerika dan Rusia. Ditambah lagi dengan fakta bahwa Korea Utara memiliki rudal nuklir antar benua.

Korut memiliki 1-6 juta tentara cadangan yang dipersiapkan untuk bertempur. Korut juga memiliki kurang lebih 70 kapal selam, 6.500 senjata artileri dan 1.000 pesawat tempur.

10. Jepang

10 Negara dengan Militer Terkuat di Dunia, Indonesia Masuk? 11
Foto: ejinsight

Meskipun tergolong negara dengan luas wilayah yang kecil, Jepang termasuk negara yang paling maju di Asia, termasuk dalam urusan militer. Setidaknya Jepang memiliki jumlah tentara yang masih aktif lebih dari 248 ribu orang dan 50 ribu tentara cadangan.

Dengan anggaran sebesar USD 50 miliar yang dikeluarkan pemerintah Jepang dalam bidang militer, itu cukup membuat Jepang memiliki angkatan udara dan angkatan laut yang kuat. Setidaknya ada 1.595 pesawat tempur dan 130 kapal perang yang dimiliki Jepang.

loading...