in

10 Hewan dengan Umur Paling Panjang, Ada yang Abadi

10 Hewan dengan Umur Paling Panjang, Ada yang Abadi 1

Umur manusia rata-rata paling hanya mencapai usia 60-an, sangat jarang ada orang yang berusia di atas 60-an. Jikapun ada, pasti orang tersebut sudah dalam keadaan tidak prima lagi. Namun ada beberapa spesies hewan di bumi ini yang memiliki masa hidup yang jauh lebih panjang dari manusia.

Jika manusia sudah sangat tua di usia 60-an, beda lagi dengan hewan-hewan ini yang masih bayi di usia segitu. Bagaimana tidak, umur mereka ada yang mencapai ratusan tahun, ribuan tahun dan bahkan ada yang abadi selama bumi ini ada.

Kalian penasaran? Berikut dikutip Wow Menariknya dari Bright Side, 10 hewan dengan umur paling panjang.

1. Geoduck (168 tahun)

10 Hewan dengan Umur Paling Panjang, Ada yang Abadi 2
Foto: instagram.com/bobkronbauer

Geoduck merupakan salah satu spesies kerang besar asli yang ada di pantai barat Amerika Utara. Dia berbeda dengan kerang pada umumnya di mana geoduck memiliki bagian cangkang kecil dan tubuh yang lunak. Jadi tubuhnya tidak bersembunyi di dalam cangkang.

Seumur hidupnya, geoduck betina menghasilkan lebih dari lima miliar telur. Itu tidak mengherankan mengingat geoduck tertua yang pernah hidup tercatat berusia 168 tahun.

2. Landak laut merah (200 tahun)

10 Hewan dengan Umur Paling Panjang, Ada yang Abadi 3
Foto: instagram.com/marina_the_marine_biologist

Landak laut merah hanya dapat ditemukan di Samudera Pasifik. Mereka hidup di pantai berbatu dengan ombak yang relatif besar. Sama seperti landak darat, landak laut merah juga dipenuhi duri tajam di sekujur tubuhnya.

Namun mereka berjalan dengan cara merangkak, jadi mereka sangat lambat. Meskipun lambat, landak laut merah dapat hidup sampai 200 tahun lamanya.

Baca Juga: Mengerikan, 5 Eksperimen Persilangan Manusia dan Hewan

3. Paus kepala busur (211 tahun)

10 Hewan dengan Umur Paling Panjang, Ada yang Abadi 4
Foto: brightside.me

Spesies paus memang memiliki umur panjang, kecuali jika banyak diburu. Paus kepala busur memang tidak sepopuler paur biru, tapi paus ini memiliki keistimewaan yang tidak diketahui banyak orang.

Pertama, paus kepala busur memiliki mulut yang jauh lebih besar dan kedua mereka dapat hidup sampai usia 200 tahun lebih. Paus kepala busur tertua diketahui berumur 211 tahun.

4. Ikan koi (226 tahun)

10 Hewan dengan Umur Paling Panjang, Ada yang Abadi 5

Ikan koi rata-rata memiliki umur sampai 50 tahun, tapi salah satu spesies ikan koi bernama Hanako merupakan ikan koi dengan umur terpanjang yang pernah hidup. Hanako meninggal di usia 226 tahun dan sampai sekarang masih jadi misteri kenapa dia bisa hidup sampai selama ini.

5. Cacing tabung lamelibrachia (250 tahun)

10 Hewan dengan Umur Paling Panjang, Ada yang Abadi 6
Foto: Facebook/Simon Stahli

Spesies cacing tabung yang ditemukan di Teluk Meksiko ini mampu hidup sampai usia 250 tahun ke atas. Umur mereka memang sangat panjang, tapi pertumbuhan mereka sangat lambat.

6. Kura-kura raksasa Aldabra (255 tahun)

10 Hewan dengan Umur Paling Panjang, Ada yang Abadi 7
Foto: instagram.com/xavi.animals

Kura-kura raksasa cukup terkenal dengan umur panjangnya, terutama Adwaita, seekor kura-kura Aldabra yang mati di usia 255 tahun. Banyak ilmuwan yang menganggap Adwaita sebagai hewan darat tertua yang pernah hidup.

Baca Juga: 5 Hewan Purba yang Masih Hidup Sampai Sekarang di Indonesia

7. Kerang mutiara air tawar (288 tahun)

10 Hewan dengan Umur Paling Panjang, Ada yang Abadi 8
Foto: instagram.com/starrychaos

Kerang mutiara air tawar adalah spesies kerang yang memiliki umur panjang. Mereka tumbuh sangat lambat dan hidup rata-rata sampai 100 tahun ke atas. Kerang mutiara air tawar tertua yang pernah hidup tercatat memiliki usia 288 tahun.

8. Hiu Greenland (400 tahun)

10 Hewan dengan Umur Paling Panjang, Ada yang Abadi 9
Foto: instagram.com/oasisoceans

Hiu Greendland merupakan salah satu vertebrata tertua yang berkeliaran di Samudera Atlantik dan Arktik di dekat Kutub Utara. Mereka mencapai kematangan seksual di usia 150 tahun dan dapat hidup sampai 400 tahun lebih.

9. Quahog laut (507 tahun)

10 Hewan dengan Umur Paling Panjang, Ada yang Abadi 10
Foto: instagram/longlife574

Quahog laut adalah spesies karang yang dapat dimakan dan merupakan moluska kerang laut yang berumur panjang. Ming, nama untuk salah satu Quahog laut, diketahui memiliki umur 507 tahun.

10. Spons Antartika (1550 tahun)

10 Hewan dengan Umur Paling Panjang, Ada yang Abadi 11
Foto: Facebook/Antarctic Sponges and Climate Change

Sulit dipercaya ada makhluk hidup yang usianya mencapai 1550 tahun. Mayoritas ilmuwan percaya kalau spons Antartika mampu hidup sampai ribuan tahun karena suhu Samudera Antartika yang sangat dingin dan pertumbuhannya yang lambat. Beberapa memperkirakan spesimen tertua tercatat berusia 1550 tahun.

11. Ubur-ubur ‘abadi’

10 Hewan dengan Umur Paling Panjang, Ada yang Abadi 12

Ubur-ubur ‘abadi’ ini dapat beregenerasi dalam keadaan kritis. Alih-alih mati seperti kebanyakan makhluk hidup lainnya, ubur-ubur dari genus Turritopsis ini dapat mengubah sel mereka yang sudah tua jadi muda kembali.

Tapi bukan berarti mereka tidak bisa mati. Ubur-ubur ini dapat terbunuh jika ada predator yang menyerangnya atau bisa juga mati karena penyakit.

Loading...
Loading...