Travel

Tips Traveling Selama Masa New Normal

Tips Traveling Selama Masa New Normal

Semenjak masa new normal diberlakukan, beberapa aktivitas yang dihentikan mulai dilakukan kembali. Berwisata atau traveling pun kini memiliki kelonggaran selama mengikuti protokol yang ditetapkan pemerintah. Beberapa tempat wisata pun sudah mulai dibuka kembali.

Jika kamu ingin berwisata selama masa new normal, simak tips berikut yang harus kamu lakukan.

1. Menentukan Tempat Wisata yang Akan Didatangi

Tips Traveling Selama Masa New Normal

Pandemi Covid-19 belum seutuhnya berakhir, oleh karena itu penting untuk menentukan tujuan wisata yang tidak terlalu berdampak atau zona hijau. Dengan memilih destinasi wisata yang berada di zona hijau, kamu menurunkan resiko tertular virus.

Salah satu saran tempat wisata yang bisa kamu datangi adalah wisata alam. Traveling di alam terbuka tentu bisa membantu dalam menjaga jarak fisik dengan wisatawan lain. Selain itu wisata alam menjadi lebih menyenangkan karena kamu bisa melakukan aktivitas yang membangun kebugaran tubuh seperti hiking atau sembari bersepeda, atau sekedar berjalan jauh menikmati keindahan alam tersebut.

2. Menyiapkan Hygiene Kit

Tips Traveling Selama Masa New Normal

Menyiapkan hygiene kit adalah hal yang wajib kamu lakukan sebelum melakukan traveling. Hygiene kit yang dimaksud terdiri dari masker, hand sanitizer, sabun, disinfektan spray, tisu basah, maupun tisu kering. Jangan lupa untuk membawa beberapa masker cadangan dan kantung untuk menyimpan masker bekas pakai.

3. Mempersiapkan Dokumen Syarat Bepergian Ke Luar Kota

Tips Traveling Selama Masa New Normal

Melakukan perjalanan jauh atau traveling pada saat pandemi seperti ini tentu memerlukan beberapa syarat untuk dilengkapi agar memiliki izin. Salah satu dokumen yang wajib dilengkapi adalah keterangan sehat bebas Covid-19.

Dengan melakukan tes PCR atau rapid test, kamu akan mengetahui apakah kamu terbebas dari terpapar virus Covid-19 atau tidak. Surat keterangan ini yang akan menjadi syarat menggunakan transportasi umum ataupun memesan penginapan.

Selain Surat keterangan sehat, bagi warga Jakarta juga perlu memiliki Surat Ijin Keluar Masuk (SIKM) sebagi syarat pergi meninggalkan dan datang kembali ke Jakarta.

4.  Staycation atau Solo Traveling 

Tips Traveling Selama Masa New Normal

Jika kamu berwisata dengan pasangan atau keluarga cobalah melakukan staycation. Kamu bisa memilih vila ataupun hotel favoritmu yang tentunya melakukan protokol kesehatan untuk tamu-tamunya. Selain staycation, kamu juga bisa berwisata seorang diri atau solo traveling.

Kamu bisa mendapatkan banyak pengalaman baru selama melakukan solo traveling. Tidak ada salahnya mencoba, apalagi selagi kamu masih muda.

5. Menjaga Jarak dan Menghindari Kerumunan

Tips Traveling Selama Masa New Normal

Setelah tiba di lokasi wisata yang dituju alangkah baiknya tetap menjaga jarak dengan para wisatawan lain. Pada spot-spot tertentu yang biasanya menjadi tempat kerumunan pun sebaiknya dihindari atau paling tidak melihat keadaaan hingga spot tersebut sepi.

Selain menjaga jarak dan menghindari kerumunan, ingatlah untuk mengikuti protokol new normal lainnya yang diterapkan di tempat wisata yang kamu datangi.

To Top