in ,

Meski Kaya SDA, 3 Daerah di Indonesia Ini Hidup Dalam Kemiskinan

Meski Kaya SDA, 3 Daerah di Indonesia Ini Hidup Dalam Kemiskinan

Indonesia merupakan negara dengan kekayaan alam terbesar di dunia. Banyak sekali sumber daya alam (SDA) yang bisa ditemukan di negara kita ini mulai dari sektor pertambangan, perhutanan, rempah-rempah, perikanan, dan masih banyak lagi. Namun sayang, kekayaan tersebut belum terbagi rata di seluruh wilayah di Indonesia.

Buktinya banyak daerah di Indonesia yang sangat kaya raya akan sumber daya alamnya, namun masyarakatnya rata-rata hidup dalam kemiskinan. Beberapa faktor seperti rendahnya pendidikan masyarakat, dikuasi oleh perusahaan asing, dan konflik, menjadi penyebab masyarakat di daerah ini hanya bisa gigit jari karena tidak bisa menikmati kekayaan alamnya yang melimpah.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) per September 2016, berikut kami rangkum daerah kaya raya di Indonesia yang masyarakatnya hidup dalam kemiskinan.

1. Papua

Meski Kaya SDA, 3 Daerah di Indonesia Ini Hidup Dalam Kemiskinan
Foto: saripedia.wordpress.com

Seperti yang kita ketahui, di Papua ada tambang emas raksasa yang dikelola oleh PT Freeport Indonesia. Logiknya, dengan ada tambang emas tersebut warga Papua seharusnya hidup sejahtera dalam segi ekonomi. Pertumbuhan pembangunan di Papua pun seharusnya berkembang sangat pesat. Namun faktanya tidak demikian.

Warga Papua rata-rata hidup dalam kemiskinan. Kebanyakan dari mereka bahkan tidak mendapatkan pendidikan yang layak. Bisa dibilang kehidupan di Papua masih jauh dari modern. Yang jadi pertanyaan, dibawa kemana emas yang ditambang itu?

2. Maluku

Meski Kaya SDA, 3 Daerah di Indonesia Ini Hidup Dalam Kemiskinan
Foto: suaramalukudotcom.wordpress.com

Mungkin dulu pas sekolah, kalian diajarkan bahwa Maluku adalah penghasil rempah-rempah terbesar di Indonesia. Makannya penjajah datang ke Maluku untuk mencari rempah-rempah. Meskipun daerah ini kaya akan sumber daya alamnya, ternyata warga Maluku rata-rata hidup dalam kemiskinan. Sering terjadinya konflik ditambah tingkat pendidikan yang rendah mungkin jadi penyebab tingkat kemiskinan di Maluku sangat tinggi.

Baca juga: Inilah 5 Suku Di Indonesia Yang Diisi Banyak Gadis Cantik

3. Nusa Tenggara Timur

Meski Kaya SDA, 3 Daerah di Indonesia Ini Hidup Dalam Kemiskinan
Foto: beritasatu.com

Nusa Tenggara Timur sebenarnya sangat kaya akan sumber daya alamnya. Namun kehidupan masyarakatnya justru berbanding terbalik, dimana mereka hidup dalam kemiskinan. Sekolah di NTT pun masih alakadarnya, rumah sakit masih susah ditemukan, dan bahkan banyak anak-anak yang menderita gizi buruk.

Padahal NTT itu punya pertambangan biji besi dan berbagai jenis batuan, belum lagi di sektor pertanian dan perikanan. Tapi entah kenapa masyarakat di daerah ini hidup dalam kemiskinan.

Loading...
Loading...