in ,

Menikmati Indahnya Pantai Tiga Warna di Malang yang Bebas dari Sampah

Pantai tiga warna di Malang
Foto: Wowmenariknya.com/Rizqi Arasyidin

Indonesia memang surganya pantai-pantai indah. Namun sayang, banyak pantai yang dulunya indah sekarang tercemar karena sampah. Tentunya itu karena ulah para wisatawan sendiri yang suka membuang sampah sembarang tanpa mau peduli memperhatikan kebersihan lingkungan.

Sekarang sulit sekali menemukan pantai yang indah tapi bebas sampah. Tapi jangan khawatir, Wow Menariknya punya rekomendasi pantai bebas sampah yang sangat indah dan jernis sekali airnya. Pantai tersebut adalah Pantai Tiga Warna di Malang, Jawa Timur.

Alasan kenapa Pantai Tiga Warna bebas dari sampah karena pihak pengelola menggunakan sistem reservasi sebelum masuk. Setiap pengunjung yang datang, barang-barang yang dibawanya akan diperiksa dulu di sebuah pos.

Jika petugas menemukan benda-benda yang berpotensi jadi sampah, petugas akan mencatat barang-barang tersebut. Saat Anda pulang, petugas akan kembali mengecek barang-barang yang tercatat tadi. Jika pulang tanpa membawa benda tersebut atau tanpa sampahnya, Anda akan dikenakan denda, berkisar Rp 100.000 ke atas.

Baca Juga: Pantai-Pantai Paling Unik, Dari Pantai Air Hangat Hingga Pasir Merah

Oleh karena itu pengunjung tidak akan berani membuang sampah sembarangan di sini. Tak heran jika dari dulu sampai sekarang, pantai ini tetap terjaga kebersihan dan kemurniannya.

Rute masuk ke Pantai Tiga Warna

Pantai tiga warna di Malang
Foto: Wowmenariknya.com/Rizqi Arasyidin

Lokasi Pantai 3 Warna sebenarnya masih berada di wilayah konservasi. Dari pusat Kota Malang, pantai ini berada 150 km jauhnya. Kamu cukup melakukan perjalanan ke daerah Dampit, lalu ke Kecamatan Turen dan kemudian lanjutkan ke Kecamatan Sumber Manjing Wetan, lalu ikuti arah menuju Pantai Sendang Biru.

Jadi sebelum sampai di Pantai Tiga Warna, Anda akan melalui dulu Pantai Sedang Biru. Setelah sampai, nanti Anda harus ditemani pemandu untuk memastikan Anda tidak tersesat dan juga tidak melanggar aturan yang ada, terutama buang sampah sembarangan.

Pantai ini menyajikan pesona keindahan air laut yang mewakili tiga warna

Pantai tiga warna di Malang
Foto: Wowmenariknya.com/Rizqi Arasyidin

Disebut Pantai 3 Warna, karena pantai ini memang memiliki tiga warna air laut yang berbeda jika dilihat dari ketinggian. Di bagian tepi pantai, warna airnya adalah biru muda yang jernih, lalu warna biru biasa dan ke arah laut dalam warnanya adalah biru tua.

Baca Juga: 9 Pantai Paling Indah di Jawa Barat Yang Wajib Anda Kunjungi

Selain terletak pada keindahan warnanya, pantai ini juga memiliki terumbu karang dan biota laut yang beranekaragam.  Tak hanya itu, pantai ini juga memiliki pasir putih yang sangat indah, bebas dari pencemaran sampah.

Cocok untuk snorkeling

Pantai tiga warna di Malang
Foto: Wowmenariknya.com/Rizqi Arasyidin

Ombak di Pantai Tiga Warna relatif tenang, jadi sangat cocok buat snorkeling. Dengan kondisi air yang jernih, Anda bisa dengan mudah melihat terumbu karang dan biota laut yang indah. Tak perlu kelaur biaya mahal, Anda hanya perlu merogoh kocek uang sebesar Rp 10.000 untuk bisa snorkeling.

Mungkin sekian ulasan tentang Pantai Tiga Warna di Malang yang sangat indah dan bebas dari sampah. Oh iya lupa, setiap harinya pantai ini hanya boleh dikunjungi 100 orang saja. Jadi Anda harus melakukan reservasi dulu dengan pihak pengelola.